Klikbabel.com


Tambang di Desa Cit Ditertibkan, Ini Alasan dari LHK Palembang

Kamis, 12 Juli 2018 | 09:37 WIB
Penertiban oleh LHK Palembang di tambang Desa Cit. Foto : Ist

Klikbabel.com, Riausilip - Kanit Operasi Seksi wilayah 3 Gakkum LHK Palembang, Samsuharno menjelaskan, penertiban aktifitas penambangan ilegal yang beroperasi didalam kawasan hutan lindung Desa Cit, Kecamatan Riau Silip, Rabu (11/7/2018) oleh Tim Gakkum Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Palembang, lantaran tak berizin.

Menurutnya, penghentian kegiatan penambangan oleh CV Tenggiling Persada di Desa Cit tersebut, karena pemilik tambang telah melakukan pelanggaran dengan menambang di dalam kawasan Hutan Lindung (HL) tanpa dilengkapi dokumen-dokumen resmi. Ia melanjutkan, kelengkapan dokumen sangat penting, dan kegiatan tersebut juga sangat berdampak terhadap lingkungan, terutama ekosistem alam. "Penambangan ini tidak dilengkapi izin dan telah merusak lingkungan sekitar," jelasnya.

Operasi tim Gakkum LHK wilayah 3 Palembang ini juga dikatakan Samsu, diketahui berawal dari laporan yang diterima petugas yang ada di lingkungan dan setelah tim menerima laporan, tim Gakkum LHK Palembang menerjunkan tim Intel ke lapangan. Tim Gakkum pun bergerak setelah Intel melakukan penyelidikan, dan tim pun terjun ke lokasi untuk melakukan penggerebekan terhadap aktifitas penambangan ilegal tersebut. ''Kita langsung lakukan penggerebekan. Ini juga diduga dibekingi oleh oknum aparat,'' tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com