Klikbabel.com


Kesadaran Masyarakat Akan Sampah Masih Kurang

Kamis, 12 Juli 2018 | 16:56 WIB
Kepala Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Babar saat diwawancarai awak media. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Babar melaksanakan kegiatan Pantai dan Laut Lestari. Kegiatan Pantai dan Laut Lestari diantaranya melakukan penanaman pohon ketapang kencana, bersih - bersih pantai, kemudian lomba membuat dan membaca puisi anak - anak SD, SMP sampai SMA dalam rangka menanamkan sejak usia dini lewat kerjasama dengan Dinas Pendidikan.

"Kegiatan hari ini adalah kegiatan Pantai Lestari bertujuan mengajak kita semuanya untuk menyadari pentingnya kita untuk menjaga kelestarian di pantai maupun di laut, karena selama ini kita lihat banyak sekali pencemaran di pantai maupun di laut," jelas Kadin Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Babar, Megawati Kamis (12/07/2018).

Menurut Megawati, untuk menangani masalah sampah ini dari dulu pihaknya juga sudah sering membuat kegiatan yang ada di dinas kegiatan yang namanya bimtek. "Kemudian sosialisasi terkait dengan pengolahan sampah, lalu dengan menyediakan tong sampah-tong sampah. Dan kita berharap untuk mengelola sampah percuma tong sampah disiapkan namun kita masih membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Dikatakan Megawati, dirinya menyadari dengan keterbatasan anggaran yang ada, pihaknya tidak bisa memenuhi semua lokasi kita tempatkan tong sampah. Namun dirinya berharap kesadaran dari semuanya itu apalagi dalam suatu acara, masyarkat dapat membawa kantong masing-masing.

"Jadi sampah itu tidak kita buang sembarangan, karena selama ini kita lihat kalau ada acara-acara keramaian, dilapangan bola, kan biasanya sampah luar biasa. Dan setiap ada kegiatan OPD lain juga, kami selalu mengingatkan siapkan tong sampah dan kami juga ikut disitu membantu rangka menangani masalah sampah. Jadi dengan harapan kalau masing - masing kita kan bisa menaruh sampah di tong sampah tidak membuang sampah sembarangan," pungkasnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com