• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Telur Ayam di Sungailiat Naik Ternyata Karena Melemahnya Rupiah

Kamis, 12 Juli 2018 | 12:28 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Jakarta - Kenaikan harga telur di beberapa wilayah Indonesia termasuk Bangka pada beberapa waktu terakhir disebabkan oleh melonjaknya harga pakan ayam petelur serta melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS. "Harga pakan ternaknya naik, kemudian harga DOC (Day Old Chicken/Anak Ayam) juga naik," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. di Kemenko Perekonomian di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Klik Juga : Rupiah Mendekati Level Rp14.500

Harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional, termasuk Bangka meningkat hingga menjadi Rp1.700 per butir. Seperti yang terjadi di Pasar Kite, Sungailiat. "Udah naik lagi, seratus rupiah, kemarin itu seribu enam ratus,'' jelasnya. Wanita yang sudah tinggal di lingkungan Pasar kite selama puluhan tahun tersebut juga menjelaskan, untuk harga telur perpapan sendiri saat ini dikatakannya, berada dikisaran Rp. 51.000,- dari harga beberapa waktu lalu masih berkisar diharga Rp. 48.000,- per papan.

Ia sendiri tidak mengetahui penyebab naiknya harga telur ayam konsumsi tersebut, dan hanya mengikuti harga yang diteriman dari distributor langsung untuk kemudian dijual kembali. ''Gak tahu kenapa naik, yang jelas dalam beberapa hari belakang, memang naik dikit-dikit. Kami hanya jual saja, terima harga dari distributor,'' ungkapnya. 

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Okezone.com