Klikbabel.com


Puluhan Nelayan Belinyu Minta Aktivitas KIP Blessing Dihentikan

Rabu, 11 Juli 2018 | 15:17 WIB
Suasana aksi Puluhan nelayan dihalaman Kantor Dinas ESDM Provinsi Babel (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Puluhan nelayan Belinyu, Kabupaten Bangka menggelar aksi di halaman depan Kantor Dinas dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (11/7/018). 

Kedatangan para nelayan tersebut pun disambut langsung oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Babel, Suranto Wibowo. Pada aksi itu, para nelayan meminta pemerintah untuk dapat menghentikan aktivitas tambang yang berada di Teluk Kelabat.

"Mohon pak hentikan aktivitas KIP Blessing. Bagaimana nanti nasib anak-anak kami kedepan," tegas Rasidi selaku perkawilan nelayan yang merasakan dampak dari aktivitas KIP tersebut. 

Rasidi juga mengakui, pihaknya bersama nelayan lain yang ikut terdampak tidak pernah mengizinkan aktivitas kapal tersebut meskipun beberapa ancaman sempat diterimanya. 

"Kami sudah cukup lembut. Sampai saya sedih tadi.  Kami tidak pernah mengizinkan aktivitas kapal. Dari awal kami nolak biarpun berapa miliar yang ingin mereka bayar. Kami minta ini dihentikan dulu sementera.  Ini juga mengingat masa depan anak cucu kita melihat terumbu karang di sekitar rusak akibat aktivitas tambang itu," katanya lagi. 

Kepala Dinas ESDM Provinsi Babel, Suranto dihadapan puluhan nelayan mengatakan, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan pengecekan di wilayah tambang itu. 

"Kita akan turun lapangan bersama tim yang telah dibentuk untuk melakukan evaluasi terhadap izin tersebut. Dan jika ada bukti pelanggaran, akan kita berhentikan. Kami berharap, kedepan akan menekankan pelaksanaan dilapangan harus sesuai tata cara kegiatan tambang yang baik dan benar," jelasnya. 



Penulis  : Yodea Putri
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com