Klikbabel.com


Forum PUSPA Babar Terbentuk, Apa Tujuannya?

Rabu, 11 Juli 2018 | 16:26 WIB
Pengurus Forum Puspa Babar. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah membentuk Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) di Kabupaten Bangka Barat. Sebelumnya, Pemprov Babel telah membentuk Forum Puspa di Kelurahan Lontong Pancur, Kota Pangkalpinang di tahun 2017 lalu.

Tujuan dibentuknya forum Puspa di Kabupaten Bangka Barat ini adalah selain untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak, Babar merupakan stunting tertinggi. "Dari data Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pengendalian Perempuan dan Anak kabupaten Babar di tahun 2013 tercatat bahwa ada 610 kasus stunting di Bangka Barat yang terdapat di sepuluh desa. Stunting ada penyebabnya bisa dari ekonomi tidak sejahtera, ekonomi lemah bisa juga karena perempuan tidak berkualitas. Misalnya ibunya malas artinya tidak bisa memanajemen diri. Maka dari itu kita harus punya gebrakan, kegiatan, atau forum yang dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak," jelas Kabid PKPH Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kepulauan Babel Wardiah.

Selain itu, Wardiah juga menjelaskan terdapat tiga fokus dalam pembentukan Forum Puspa ini. "Tiga fokus tersebut adalah akhiri kekerasaan pada perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan ekonomi," sambungnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka Barat, H. Ismail berharap dengan adanya pembentukan PUSPA ini dapat memberikan dampak baik bagi keluarga khususnya terhadap ibu dan anak.

 


" Selama ini forum untuk anak dan perempuan yang benar -benar fokus diwilayahnya belum ada, sehingga hal ini menjadi titik terpenting. Maka dari itu saya harapkan dengan adanya forum Puspa ini dapat memberikan efek positif dalam mensejahterahkan keluarga terutama ibu dan anak," tutupnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com