• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


UKM Bateng Kembangkan Usaha Melalui Bantuan Modal PT Timah

Selasa, 10 Juli 2018 | 13:52 WIB
(Net)

Klikbabel.com, Koba - Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Bangka Tengah (Bateng) menfaatkan bantuan modal usaha dari PT Timah Tbk untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya Rita, pelaku usaha pengolah makanan khas Koba yang memanfaatkan pinjaman modal dari PT Timah untuk membeli bahan baku membuat makanan ringan seperti kemplang dan kricu.

Menjelang idul fitri kemari, ia sempat kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar karena kekurangan modal namun ia bersyukur, berkat bantuan modal dari PT Timah yang cair pada bulan Juni ia akan meningkatkan produksinya untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha. 

"Kami bersyukur bisa mendapatkan modal usaha Rp10 juta untuk membeli bahan baku makanan khas daerah seperti kemplang, kricu, empek-empek dan lainnya," ujarnya Selasa (10/7/2018).

Menurutnya, bantuan pinjaman modal dari program mitra binaan PT Timah tersebut  sangat membantu para pelaku usaha snack bangka terlebihnya disaat harga bahan baku naik sperti saat ini.

"Saat ini harga tepung, ikan dan bahan baku lainnya naik, sehingga biaya produksi mengalami peningkatan dan sulit untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi," ujarnya.

Saat ini harga tepung naik menjadi Rp300 ribu per karung dari harga sebelumnya Rp150.000 per karung, begitu juga dengan harga ikan yang naik tinggi karena hasil tangkapan nelayan berkurang akibat cuaca buruk di laut.

"Kita bersyukur, saat bahan baku naik seperti ini, kita tetap bisa produksi berkat bantuan modal pinjaman PT Timah terlebihnya bunga yang di tetapkan jauh lebih kecil dari bunga bank," ujarnya.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea Putri
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com