Klikbabel.com


Gubernur Buka Ide Warga Binaan Jadi Peternak Sapi

Selasa, 10 Juli 2018 | 11:30 WIB
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat diwawancarai wartawan. Foto : (Ramandha/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membuka ide baru dengan menjadikan para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba menjadi peternak sapi. Namun, Erzaldi terlebih dulu ingin memastikan adanya kandang oleh Kemenkumham.

"Setelah kandangnya ada, nanti melalui BUMDes saya akan membantu untuk menyediakan bibit sapi. Pekerja yang mengurusi peternakan sapi nantinya merupakan warga binaan lapas," ujar Erzaldi, Selasa (10/7/2018).

Ide tersebut, kata Erzaldi lahir dari kebutuhan daging sapi di Babel yang sangat tinggi. Dengan adanya tenaga para warga binaan untuk mengurus sapi ternak tersebut, diyakininya akan meminimalisir kembalinya pecandu narkoba untuk melakukan perbuatan yang sama.

"Sebanyak 400 ekor sapi dari BUMDes. Program ini bisa dilaksanakan berkoordinasi dengan BPKP. Nanti kawan-kawan yang menjalani program asimilasi sebagai pekerja. Kebutuhan sapi sangat dasyat, kurang lebih sekitar 5600 per bulan," ungkap Gubernur Erzaldi.

Sementara Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Sri Puguh Budi Utami mengatakan, pihaknya harus terlebih dulu memastikan pembinaan yang dilakukan berjalan dengan baik. "Warga binaan harus menjaga kepercayaan ini, jika satu kali ada penghianatan maka program ini akan berhenti. Manfaatkan secara baik kesempatan yang telah diberikan Gubernur Bangka Belitung," tutupnya.



Penulis  : Yodea Putri
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com