• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Terima dan Setujui Raperda Pelaksanaan Anggaran Pemkab Bangka

Selasa, 10 Juli 2018 | 13:23 WIB
Penandatanganan Raperda oleh pimpinan DPRD Bangka. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Sungailiat - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bangka menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangka tahun 2017 menjadi Peraturan Daerah (Perda) kabupaten Bangka. 

Hal tersebut disampaikan dalam rapat paripurna DPRD, Senin (9/7/2018) kemarin, di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Bangka, yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian Napitupulu. Bupati Bangka, H Tarmizi Saat menanggapi persetujuan tersebut mengatakan, ringkasan dari laporan pertanggungjawaban APBD Kabupaten Bangka tahun anggaran 2017 yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran  (LRA), Laporan Arus Kas (LAK), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Laporan Oprasional (LO), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL), neraca dan catatan Laporan Keuangan (CaLK). 

''Itu telah disampaikan pada rapat paripurna tanggal 29 Juni 2018 dan telah dibahas bersama antara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bangka, Sekretaris Daerah dan OPD terkait pada hari Senin tanggal 2 Juli 2018,''jelasnya, Senin (9/7/2018).

Tarmizi juga menyampaikan rancangan KUA dan PPAS tahun 2019, yang didasari Permendagri Nomor 38/2018 bahwa Bupati harus menyampaikan Rancangan KUA/PPAS paling lambat Minggu ke dua bulan Juli.  Ia melanjutkan, APBD sebagai salah satu instrumen kebijakan yang menstimulus perekonomian, harus mampu menjadi pondasi sekaligus benteng kokoh dalam menjaga stabilitas perekonomian daerah. 

''Implementasi instrument tersebut, hendaknya diiringi dengan pertanggungjawaban yang sesuai dengan prinsip umum pengelolaan keuangan daerah,''ungkapnya.

Penyampaian KUA PPAS juga merupakan tahapan penting dalam penyusunan APBD yang kemudian akan dibahas dan disepakati bersama oleh Pemkab Bangka dan DPRD Kabupaten Bangka. ''KUA dan PPAS tahun 2019 disusun dengan mempedomani rencana kerja pemerntah daerah tahun 2019 sebagai implementasi dari rencana pembangunan jangka panjang daerah tahun 2006 - 2025,'' tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com