• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


AS Ancam Perang Dagang, Pemerintah RI Kirim Tim Negosiasi

Senin, 09 Juli 2018 | 12:03 WIB
Salah satu hasil tekstil Indonesia. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan mencabut fasilitas generalized system of preferences (GSP) yang saat ini diberikan ke sekitar 124 produk asal Indonesia. Padahal Indonesia merupakan salah satu negara GPS dari pemerintah AS, yaitu negara yang mendapat fasilitas keringanan bea masuk dari negara maju untuk produk-produk ekspor negara berkembang dan miskin.

Klik Juga : Jelang Indonesia vs Thailand, Egy Vikri Datang

Menanggapi ancaman tersebut, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, pihaknya akan terbang ke Amerika Serikat untuk membahas rencana tersebut. "Nanti lah lihat itu, kan Trump minta GSP kami direview. Kami akan kirimkan tim ke Amerika untuk negosiasi supaya fasilitas GSP tetap dipertahankan," kata Oke saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

“Kemungkinan akhir Juli berangkatnya. Tapi yang lain saya belum bisa sampaikan yang kaitannya di GSP yang akan direview itu. Kita sudah memutuskan akan kirim tim," lanjutnya. Oke mengatakan, andalan ekspor RI ke AS di antaranya adalah tekstil, furniture dan suku cadang. "Saya nggak hitung 124 (produk yang dievaluasi). Cuma yang dapat fasilitas GSP harus kita pertahankan," katanya.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Suara.com