• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Babel Jawab Tudingan Proses Pendaftaran Caleg Tidak Beres

Minggu, 08 Juli 2018 | 01:07 WIB
Ilustrasi pendaftaran caleg 2019. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung (Babel) buka suara terhadap protes yang dilayangkan Ketua DPD Partai Garuda, Hangga Oktavandany terkait tahapan dan proses pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) 2019.

Sebelumnya, Hangga mempertanyakan beberapa hal yang dianggapnya aneh oleh KPU terkait pendaftaran caleg dari tanggal 4-17 Juli mendatang. Mulai dari berubahnya syarat tes kesehatan, waktu yang singkat hingga ke pembebanan biaya pencalegan kepada calon masing-masing.

Disebutkan Ketua KPU Babel, Davitri, pihaknya hanya menjalani proses pendaftaran sesuai peraturan yang ada yakni Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu serta PKPU yang telah ditentukan. "Kami sudah melakukan proses sesuai prosedur mulai dari menyerahkan keperluan di sistem informasi calon seperti user name dan password," ujarnya dihubungi klikbabel.com, Sabtu (7/7/2018) malam.

Dilanjutkannya, terkait rujukan dimana para bakal calon legislatif untuk melakukan pemeriksaan kesehatan juga, kata Davitri sudah sesuai Edaran KPU RI. "KPU menyertakan bahwa untuk diterima di RSU Provinsi, RSUD di Belitung dan RSJ untuk tes kejiwaan," bebernya. 

"Besoknya terbit lagi edaran dari KPU RI bahwa bisa melalui tempat lain selain yang tertera seperti Puskesmas, tetapi. Ada tetapinya harus diumumkan. Makanya kami minta untuk partai agar proaktif terkait informasi, update," tambah Davitri.

Lebih jauh, Davitri juga menyebutkan bahwa biaya proses pencalegan yang dipertanyakan Partai Garuda melalui Ketua DPD-nya yang seharusnya ditanggung oleh negara, dibantah oleh Davitri. "Kami tidak menanggung biaya itu, karena kami tidak menganggarkan untuk itu," tutupnya. 

loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com