Klikbabel.com


DPRD Bateng Terkejut eks Kobatin Dimiliki Pengusaha Surabaya

Jumat, 06 Juli 2018 | 10:43 WIB
Aset eks PT Kobatin. (Foto : Faisal/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Status kapal keruk sebagai aset eks PT Kobatin yang karam di kolong Bemban, Bangka Tengah (Bateng) masih belum menemui kejelasan. Diketahui, sempat terdengar ada upaya untuk dilelang, sementara juga dikabarkan telah dibeli oleh salah seorang pengusaha.

Apri Panzupi, anggota DPRD Bateng mengatakan pada Februari 2018 lalu sempat mengusulkan agar aset negara tersebut lebih baik dilelang. Namun PT Kobatin sudah melayangkan gugatan kepada pihak Kementerian ESDM agar aset kapal keruk di Bemban itu dikembalikan ke mereka.

"Hanya saja, sampai detik ini kami belum menerima informasi apapun apakah kapal keruk itu disetujui dikembalikan atau tidak ke pihak PT Kobatin," katanya kepada klikbabel.com, Kamis (5/7) siang.

Sementara, terkait isu aset yang sudah dimiliki oleh seorang pengusaha asal Surabaya dengan telah dibayarkan uang muka miliaran Rupiah, Apri mengaku belum mendengar dan ingin memastikan kabar tersebut. 

"Wah, patut kita sama-sama cari tahu kejelasannya kalau sampai benar demikian. Sampai saat ini, kami belum menerima informasi apapun siapa pihak yang melelang. Bahkan, sepengetahuan kami sampai saat ini kapal keruk itu masih dalam pengawasan ESDM," katanya. 

Kendati demikian, Apri menegaskan, jika memang benar kapal keruk tersebut telah dilelang, harus melalui prosedur yang jelas dan sesuai dengan ketentuan. "Kalau memang resmi sesuai ketentuan, ya silahkan saja, namun jangan sampai aset itu dilelang oleh pihak tak berkepentingan," teganya.


Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengakui, Januari 2018 lalu, Pemkab Bateng dan Basel sudah mengusulkan untuk melakukan pengamanan aset-aset yang ditinggalkan PT Kobatin ke Kementerian ESDM.

“Usulan tersebut guna untuk meminimalisir penjarahan dan konflik sosial di tengah masyarakat. Sebagian aset bangunan dan fisik serta lahan di sekitar komplek perkantoran eks PT Kobatin diminta untuk dijadikan pusat perkemahan pramuka,” ujar gubernur



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com