• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


ICDX Gelar Halal Bihalal Bersama Pengusaha Smelter

Kamis, 05 Juli 2018 | 16:10 WIB
Saat penyerahan cendera mata kepada Gubernur Babel, Erzaldi Rosman pada kegiatan Halal Bihalal ICDX (Septi Artiana/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - ICDX menggelar halal bihalal dengan pengusaha smelter timah yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Babel sebagai ajang silaturahmi dengan tema bersatu membangun Babel menjadi sentra timah dunia.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama (Dirut) ICDX, Lamon Rutten mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Babel selama ini sehingga bisa bersinergi bersama-sama. 

"Dengan terus bersatu dan melangkah bersama, mari kita membangun Provinsi Babel menjadi pusat timah dunia. Tahun 2018 ini adalah tahun yang luar biasa bagi timah Indonesia," ujarnya, Kamis (5/7/2018).

Berdasarkan data dari ICDX, negara ekspor timah semakin meluas dan menembus kebeberapa negara seperti Turki, Hungaria, Meksiko, Polandia dan Bulgaria. "Total value dari negara-negara tersebut sebesar Rp177 miliar. Untuk Hongkong serta Polandia meningkat tajam yakni mencapai 400 persen dengan volue sebesar Rp84 miliar," katanya.

Ia menambahkan, Negara Singapura sebagai tujuan penyimpanan timah asal Indonesia pada semester pertama tahun 2018 tercatat baru 37 persen dibandingkan tahun 2017. Dengan demikian diperkirakan tahun 2018 total ekspor ke Singapuran berkurang sebanyak 26 persen.

"Berkurangnya ekspor timah ke Singapura membuktikan bahwa Singapura tidak lagi menyandang gelar sebagai pusat penyimpanan timah dunia," tuturnya.

Dengan penggunaan fasilitas baru untuk finance dan manajemen risiko, Lamon berharap para smelter lebih berinisiatif dan pro aktif dalam menentukan harga timah yang baik, tidak lagi mengikuti harga pasar.

"Dengan terbentuknya harga yang relatif stabil, nilai transaksi untuk ekspor timah Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tajam untuk priode yang sama tahun 2017 dan 2018," ujarnya.

Dalam rangka menjadikan Bangka Belitung sebagai pusat penyimpanan timah dunia, ICDX memiliki program prioritas yaitu menjalankan PLB dan juga fasilitas pembiayaan syariah untuk timah dan kontrak berjangka timah sebagai instrumen manajemen risiko dan lindung nilai.

loading...
loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com