• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Calonkan Mantan Koruptor, KPU Babel Bisa Menolak

Kamis, 05 Juli 2018 | 09:41 WIB
Ketua KPU Babel Davitri memberi penjelasan di media center. Foto : Adit/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Partai Politik (Parpol) di Bangka Belitung (Babel) diminta untuk tidak mencalonkan Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang terlibat korupsi, kejahatan seksual anak hingga narkoba. Jika ada yang mencalonkan, KPU Babel bisa menolak calon tersebut. Demikian diungkapkan Ketua KPU Babel Davitri, Kamis (5/7/2018).

Klik Juga : Poster Anies-Aher Beredar untuk 2019

Menurut Davitri, sejak 4 Juli seluruh KPU se Babel sudah mulai membuka pendaftaran untuk calon legislatif DPRV Provinsi dan kabupaten/kota. "Hari ini Rabu (4/7) tahapan pendaftaran calon anggota legislatif sudah dibuka sampai jam 4 sore dan pada pendaftaran terakhir (18/7) kita buka sampai jam 00:00 wib," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, KPU meminta bantuan kepada seluruh partai politik untuk membuat fakta integritas (form B3), agar tidak mencalonkan para Baleg yang terlibat masalah hukum. "Calon yang pernah terlibat kasus korupsi, kejahatan seksual anak dan narkoba tidak boleh dicalonkan, jika dicalonkan maka partai harus membuat form B3," tegasnya.

Hal ini ungkapnya, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018, dalam pasal 4 ayat 3 terbaru yang melarang mantan narapidana untuk mencalon diri sebagai calon anggota legislatif. "Jika masih ada parpol masih mengajukan calon legislatif yang pernah terlibat kasus korupsi, kejahatan seksual anak dan narkoba. KPU bisa menolak calon tersebut," jelasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Aditya
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com