Klikbabel.com


Musim Panas, Waspadai 3 Penyakit yang Kerap Mengintai si Buah Hati

Senin, 02 Juli 2018 | 10:06 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

MUSIM panas merupakan salah satu waktu yang tepat untuk menjalankan aktivitas secara maksimal. Anda bisa melakukan banyak kegiatan setiap harinya di bawah pancaran sinar matahari. Meski demikian, Anda harus tetap waspada meskipun cuaca sedang baik, karena paparan sinar matahari yang terlalu panas akibat efek global warming justru akan merugikan Anda. Kadang kala, bakteri debu dan kuman penyakit lainnya tumbuh subur selama musim panas.

Klik Juga : Pilwako Makassar Memanas

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda berhati-hati dan selalu waspada akan penyakit yang kapan saja bisa menghantui Anda. Melansir dari Medical Herald, Senin (2/7/2018), ada tiga macam penyakit yang kerap menghantui Anda selama musim panas. 

1. Keracunan Makanan

Bakteri, debu dan kuman yang menumpuk sepanjang musim panas akan lebih mudah menempel pada makanan yang dikonsumsi. Hal ini menyebabkan Anda akan lebih mudah mengalami keracunan makanan. Muntah dan diare menjadi salah satu penyakit langganan dalam situasi seperti ini. Siapa pun dapat menderita penyakit ini. Selain itu masalah dehidrasi juga akan menghantui Anda selama musim panas.

2. Gangguan Pada Telinga

Banyak masyarakat yang memutuskan untuk pergi berenang di cuaca yang panas. Selain menyegarkan, berenang adalah solusi yang baik untuk mengisi waktu kosong. Infeksi pada telinga menjadi penyakit yang paling sering terjadi di musim panas ketika kebanyakan orang menuju kolam renang atau danau. Infeksi telinga terjadi ketika air terperangkap di saluran telinga dan bakteri menyebabkan telinga bagian dalam meradang. Untuk mencegah telinga perenang Anda dapat memakai sumbat yang mencegah air memasuki bagian dalam telinga.

Klik Juga : Rupiah di Level Rp14.320/USD

3. Heat Stroke

Heat stroke, atau kadang disebut sebagai stroke matahari, terjadi ketika Anda terkena sinar matahari dan panas terlalu lama. Tubuh terlalu panas dan menyebabkan dehidrasi yang bisa membuat keadaan Ansa menjadi buruk. Heat stroke dapat mengancam kehidupan. Anda berisiko terkena heat stroke karena terlalu banyak berpartisipasi dalam kegiatan di cuaca yang panas. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan tubuh untuk mengatur suhu dan menjadi terlalu panas. So, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh Anda selama musim panas untuk mencegah terjadinya heat stroke.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Okezone.com