• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Inflasi Juni 2018 Sebesar 0,59%

Senin, 02 Juli 2018 | 12:29 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi Juni 2018 sebesar 0,59%. Besarnya inflasi menurut kelompok pengeluaran terbesar didorong oleh transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,20%.

Klik Juga : Aburizal Bakrie Diperiksa KPK, Ada Apa?

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, panjangnya libur Lebaran dan ritual pulang kampung membuat penggunaan transportasi meningkat. BPS mencatat layanan transportasi meningkat pada angkutan udara. "Dari inflasi 0,59%, 0,15% berasal dari angkutan udara. Selain itu untuk angkutan antar kota sumbang inflasi 0,08% dan untuk tarif angkutan KA andilnya masih kecil," tuturnya, di Kantor BPS Pusat, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Untuk kelompok penyumbang inflasi kedua terbesar adalah bahan makanan. Kecuk mengatakan, harga bahan makanan selama Lebaran memang mengalami kenaikan, hanya saja ini masih bisa terkendali. "Bahan makanan andilnya 0,19%. Cabai, beras harganya terkendali, hanya yang membuat deflasi harga ayam dan lainnya. Untuk makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sumbang 0,8%," tuturnya.  Menurut Kecuk, inflasi ini memang terjadi hampir di 82 kota di Indonesia. Tarakan menjadi kota dengan inflasi terbesar yakni 2,71%. "Berbagai komoditas Juni di 82 kota mengalami kenaikan. Tapi kita apresiasi kinerja pemerintah dan BI dalam menjaga laju inflasi," katanya.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Okezone.com