Klikbabel.com


Fitur Grup WhatsApp Makin Dibatasi, Admin Terbantu

Senin, 02 Juli 2018 | 14:08 WIB
Aplikasi pesan pendek berbasis internet, WhatsApp. Foto : net

Klikbabel.com - Bagi Anda yang menjabat sebagai administrator di sebuah grup percakapan WhatsApp, kini tersedia  "kemudahan khusus" buat memaksimalkan kontrol atas anggota. Hal ini penting, terutama untuk mentertibkan anggota-anggota yang jail atau abai akan kesepakatan bersama.  

Klik Juga : Mari, Bersihkan Ponsel Dari Kuman

Fitur ini digulirkan WhatsApp sebagai pembaharuan versi beta 2.18.201 untuk Android dan versi stabil 2.18.70 untuk iPgone. Fitur ini disebut sebagai Send Messages, yang berada di bawah menu pengaturan grup. Fitur ini memungkinkan admin grup WhatsApp untuk mengontrol kemampuan anggota di dalam grup dalam mengirim pesan.

Jika fitur ini diaktifkan oleh admin, maka anggota grup tidak bisa mengirimkan pesan apapun baik teks, gambar, ataupun video di grup yang ia ikuti. Kolom pesan akan menghilang secara otomatis kecuali untuk admin.

Sementara, jika ada informasi yang penting bagi semua anggota, maka mereka akan menerima pemberitahuan dalam bentuk pesan broadcast. Fitur ini kabarnya akan segera diresmikan di Android dan Windows Phone dalam versi yang stabil.

Dilansir Gadgets NDTV, perangkat versi iOS akan terlebih dahulu mendapatkan pembaruan, kemudian  disusul Android dan Windows Phone.

Klik Juga : Inflasi Juni 2018 Sebesar 0,59%

Fitur kontrol admin grup di WhatsApp ini pertama kali diumumkan pada Mei lalu, di mana admin bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengedit deskripsi dan ikon grup, serta menghapus izin admin lainnya.

Dengan pembaharuan ini, WhatsApp juga memastikan bahwa pembuat grup tidak bisa dihapus  namanya dari grup oleh admin lain.



Penulis  : zahrulhadi
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.com