Klikbabel.com


Syukuri Hasil Laut Melimpah, Dusun Keranji Gelar Sedekah Laot

Minggu, 01 Juli 2018 | 20:12 WIB
Wakil Bupati Bangka Barat, Markus saat disambut oleh para penari. (Foto : Ira/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Simpang Teritip - Provinsi Bangka Belitung memang dikenal mempunyai sejumlah tradisi yang unik. Tradisi unik tersebut diantaranya nganggung dulang, upacara adat rebo kasan, perang ketupat dan lainnya yang sudah sewajibnya dilestarikan.

Kali ini, masyarakat dusun Keranji desa Rambat Kecamatan Simpang Teritip mengadakan tradisi Sedekah Laot. Tradisi ini merupakan tradisi turun-temurun yang diadakan setiap tahun sebagai ungkapan syukur atas melimpahnya hasil laut serta doa kepada yang maha kuasa untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dusun Keranji, Minggu (1/7/2018).

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus SH yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, tradisi sedekah laot yang mempunyai ciri khas ini hendaknya menjadi perhatian daerah untuk dikembangkan dan dipublikasikan ke masyarakat luas.

"Bukan hanya di Bangka Barat saja ataupun di Provinsi saja, harapan masyarakat dusun Keranji sendiri agar event budaya ini dapat dikenal di seluruh Indonesia. Ini adalah aset budaya daerah yang harus dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan karena dapat menjadi salah satu wisata budaya di Kabupaten Bangka Barat," tutupnya.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com