• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babel Terima Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2017

Jumat, 29 Juni 2018 | 23:47 WIB
Wakil Ketua DPRD Babel Deddy Yulianto menerima Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD oleh Gubernur. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Bangka Belitung menggelar Rapat Paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Jumat (29/6/2018).

Raperda diterima langsung Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, didampingi Wakil Ketua Hendra Apollo, Wakil Ketua Deddy Yulianto, dan Wakil Ketua Toni Purnama.

Rapat Penyampaian Raperda yang dipimpin Wakil Ketua Hendra Apollo, diikuti sebanyak 26 Anggota DPRD Babel, dan dihadiri Pejabat dari unsur Forkopimda, Sekda Babel Yan Megawandi, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Gubernur Erzaldi mengatakan bahwa penyampaian Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017, merupakan bentuk Laporan Pertanggungjawaban Gubernur terhadap pelaksanaan APBD selama Tahun Anggaran 2017, dan disampaikan guna memenuhi beberapa amanat Peraturan Perundang-Undangan antara lain:
Undang-Undang (UU) Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Pasal 31 ayat (1), Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pasal 101, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Pasal 298 ayat (1). 

Dalam UU dan Peraturan tersebut, kepala daerah diminta untuk menyampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada legislatif paling lambat 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir. 

Raperda yang dilaporkan Gubernur Erzaldi secara umum terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Neraca, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan yang telah diaudit oleh tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Penyampaian Raperda ini menunjukkan bahwa kita ingin tepat waktu dan sesuai aturan. Dengan demikian kedepan dapat meraih hasil yang lebih baik lagi disamping efektif dan efisien. Pada Laporan ini juga disampaikan bahwa kinerja Pemprov Babel telah semakin baik. Hal itu ditunjukkan dari Pos- Pos yang ada telah mencapai 95 persen hanya 1 Pos yang 85 persen. Ini membaik bahkan sangat baik, karena range dengan Laporan yang sebelumnya sangat tinggi,” ungkap Gubernur. 

Gubernur berharap agar Raperda yang disampaikan ini, dapat dibahas sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan berkoordinasi dengan Pemprov Babel. 

Sementara, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya menuturkan, laporan pertanggungjawaban keuangan anggaran tahun 2017 yang tadi disampaikan, akan dibahas bersama-sama dengan OPD..

 

 

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com