• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Panwas Babar Bantu Awasi Wilayah Perbatasan

Rabu, 27 Juni 2018 | 09:07 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Muntok - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat membantu melakukan pengawasan beberapa wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Bangka untuk mencegah kemungkinan terjadinya pengerahan massa.

 

"Pengawasan dengan melakukan patroli bersama personel Kepolisian Resor Bangka Barat kami laksanakan mulai malam hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala daerah hingga selesainya proses penghitungan suara," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Rio F Pahlevi, Rabu (27/6/2018).

 

Pengawasan ketat di tiga kecamatan berbatasan dengan Kabupaten Bangka yang sedang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 tersebut dimaksudkan untuk mencegah mobilisasi massa dan unsur dugaan pelanggaran pemilu.

 

Untuk mendukung upaya tersebut, pihaknya membentuk tiga tim yang ditempatkan di tiga kecamatan perbatasan, yaitu Kecamatan Kelapa, Tempilang dan Parittiga.

 

"Tim tersebut berkoodinasi dengan personel Polsek setempat melakukan patroli di wilayah kerja masing-masing, terutama di desa perbatasan," kata dia.

 

Untuk Kecamatan Tempilang difokuskan pengawasannya di desa yang berbatasan dengan Kecamatan Puding, selanjutnya petugas yang berada di Kecamatan Kelapa mengawasi perbatasan dengan Kecamatan Bakam sedangkan petugas di Parittiga mengawasi Dermaga Desa Bakit yang menjadi jalur utama penyeberangan ke Kecamatan Belinyu.

 

Dalam melaksanakan kegiatan itu juga menjalin komunikasi dengan Bawaslu Kabupaten Bangka dan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Provinsi Kepulauan.

 

Selain di Kabupaten Bangka Barat, kata dia, patroli gabungan juga dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Bangka dan Kita Pangkalpinang yang sedang menggelar pilkada. "Kami berharap melalui pola ini bisa mencegah kemungkinan terjadinya dugaan pelanggaran sehingga bisa membantu terlaksananya pemilu di jujur, adil dan berintegritas di Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang," katanya.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : antarababel