• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BI Beroperasi Terbatas saat Libur Pilkada

Selasa, 26 Juni 2018 | 15:34 WIB
Bank Indonesia. Foto : net

klikbabel.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan bahwa Hari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebagai Hari Libur Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional. Keppres tersebut diteken Jokowi Senin (25/6/2018) kemarin. Kendati demikian, Bank Indonesia memutuskan untuk tetap beroperasi secara terbatas.

Mengutip keterangan resmi Bank Sentral di Jakarta, Selasa (26/6/2018), disebutkan bahwa pada pelaksanaan Pilkada tersebut, Bank Indonesia tetap mendukung kegiatan ekonomi nasional dengan memberikan pelayanan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah kepada masyarakat dan dunia usaha di seluruh wilayah Indonesia.

klik Juga : Jelang Pilkada, KPK Bingung Soal Hak Suara Tahanan Korupsi

Akan tetapi, Bank Indonesia memberikan kesempatan bagi pegawai untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada dengan berpedoman kepada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

Adapun rencana kegiatan operasional Bank Indonesia pada hari pemungutan suara Pilkada pada hari Rabu, 27 Juni 2018, adalah sebagai berikut:

1. Seluruh layanan dalam kegiatan penyelenggaraan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang berlaku. Mekanisme penyediaan pendanaan awal (prefund) untuk Layanan Transfer Dana dan Layanan Kliring Warkat Debit melalui SKNBI dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Kegiatan layanan kas beroperasi penuh dalam rangka pemenuhan kebutuhan penarikan dan setoran uang kartal dari perbankan.

Klik Juga : Mata-matai Warganya, Cina Gunakan Kawanan Burung Robot

Bank Indonesia juga mengumumkan kegiatan terbatas pada Operasi Moneter. Dalam Operasi Moneter Rupiah, dilakukan untuk Standing Facilities Rupiah (Deposit Facility dan Lending Facility).

Lalu, Pelaporan Laporan Harian Bank Umum (LHBU) danJakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) berjalan seperti hari kerja normal, kecuali untuk bank yang menyampaikan informasi kepada BI bahwa bank tidak beroperasi.

Sedangkan untuk Operasi Moneter Valas, seluruh transaksi operasi moneter valas tanggal 27Juni 2018 ditiadakan.

Selain itu, Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pada tanggal 27 Juni 2018 tidak diterbitkan.

Klik juga : Daftar Jargon Bisnis Paling Populer selama Kuartal I-2018

Sementara kurs Bank Indonesia pada tanggal 27 Juni 2018 menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir yang diterbitkan pada tanggal 26 Juni 2018.

loading...
loading...


Penulis  : zahrulhadi
Editor    : Zahrul
Sumber : Okezone.com