• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinas Pariwisata Babar Akan Gelar Lomba Festival Bumi Sejiran Setason

Senin, 25 Juni 2018 | 17:14 WIB
Bambang Haryo Suseno, Kabid Kesenian dan Budaya. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat akan menggelar lomba Campak, Dambus, Rudat, Rebana dan Tari Kreasi. Kegiatan perlombaan ini akan dilaksanakan dari tanggal 5 - 7 Juli 2018.

"Ada dua acara. Sebetulnya acara itu namanya Festival Bumi Sejiran Setason. Terdiri dari rangkaian lomba campak, dambjs, rudat, rebana yang akan dilaksanakan tanggal 5 Juli. Sedangkan tari kreasi direncanakan dilaksanakan dalam waktu 2 hari pada tanggal 6 - 7 Juli 2018. Itupun bila peserta yang mengikuti lomba tersebut cukup banyak tapi kalau dibawah 10 peserta akan dilaksanakan dalam waktu 1 hari," Jelas Bambang Haryo Suseno, Kabid Kesenian dan Budaya kepada klikbabel.com, Senin (25/06/2018).

Dikatakan Bambang saat ini sudah banyak peserta yang mendaftar di perlombaan tersebut yaitu sebanyak 30 peserta dan total hadiahnya juga tak tanggung - tanggung sebesar Rp 90juta. Lebih lanjut, Bambang menjelaskan tujuan dilaksanakan perlombaan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan meningkatkan animo para penggiat seni untuk terus melestarikan kesenian lokal yang ada di Bangka Belitung.

"Ini baru di level pembinaan baru di level memberikan wadah untuk para penggiat seni tradisi lokal untuk meningkatkan keterampilan serta meningkatkan animo mereka di kesenian yang ada di Babel," kata Bambang. Selain itu, dirinya juga menuturkan bahwa jumlah sanggar di Bangka Barat hanya berjumlah 70 sanggar. Tapi menurutnya tidak semua sanggar itu bergerak di level perlombaaan.

"Sanggar di Babar cukup banyak, namun tidak semua sanggar yang rutin mengikuti perlombaan ini. Ada komunitas hanya bicara tentang melakukan aktivitas kesenian di level kampung saja, hanya terlibat di acara - acara ritual. Jadi memang mereka tidak berkreasi mereka hanya melanjutkan tradisi di masyarakat mereka," tutup Bambang.

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com