Klikbabel.com


DPRD Babel Setujui 2 Raperda Usulan Pemprov

Sabtu, 23 Juni 2018 | 09:26 WIB
Wakil Ketua DPRD Babel Toni Purnama melihat penandatanganan oleh Waki Gubernur Babel. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diusul Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel menjadi Peraturan Daerah (Perda). Raperda dimaksud adalah Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Kerusakan Lingkungan Hidup dan Raperda Pengelolaan Pemerintahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Dua Raperda yang berlangsung di ruang Rapat Paripurna DPRD Babel pada Kamis (21/6/2018), dipimpin Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Wakil Ketua Hendra Apollo, Wakil Ketua, Toni Purnama, 30 Anggota DPRD Babel, Pejabat dari unsur Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Babel.

Sebelum pengambilan keputusan pada Rapat Paripurna ini, disampaikan pandangan akhir dari 7 Fraksi yang ada di DPRD Babel terkait Raperda yang akan diputuskan tersebut. Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah menyampaikan, saat ini dalam menyelelenggarakan roda pemerintahan, Pemprov Babel senantiasa berupaya berinovasi yakni salah satunya dengan melakukan transformasi Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pengelolaan Informasi dan Teknologi.

Dalam rangka hal itu, tentu saja dibutuhkan sarana dan infrastruktur serta Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan mengoperasikannya. Disamping itu, dibutuhkan regulasi yang akan dijadikan pedoman pelaksanaannya, sehingga dapat optimal, untuk tujuan mendorong percepatan dalam efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan di Pemprov Babel.

Berkaitan dengan Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Kerusakan Lingkungan Hidup, Wagub mengatakan, Rancangan Peraturan Daerah yang disampaikan pada tanggal 8 Mei lalu itu, telah melalui kurang lebih lima kali Rapat Pembahasan yang dilaksanakan oleh Panitia Khusus bersama dengan pihak eksekutif dengan proses konsultasi dan koordinasi dengan pihak terkait, dan saat ini memasuki tahap pengambilan keputusan melalui sidang Paripurna DPRD Babel.

"Untuk itu, Pemprov Babel menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih atas Inisiatif dan Pelaksanaan dari Kedua Raperda itu kepada DPRD Kepulauan Babel, yang disahkan menjadi Peda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan tujuan akhir selain terwujudnya Penyelenggaraan Pemerintahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Babel, juga dengan pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan hidup akan menciptakan lingkungan hidup yang lebih layak bagi seluruh masyarakat Babel," papar Wagub.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan Rapat Paripurna Penyampaian Raperda tentang Pelestarian Kebudayaan Daerah, Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Penyampaian Rekomendasi Pansus Hutan Tanaman Industri Bangka Belitung, Paripurna Penyampaian Nama-Nama Anggota Pansus Raperda tentang Pelestarian Cagar Budaya dan Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif, serta Paripurna Penyampaian Rekomendasi Pansus Hutan Tanaman Industri Babe.(adv)



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com