• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babel Akan Bentuk Tim Investigasi Terkait Persoalan Perusahaan Perkebunan

Jumat, 22 Juni 2018 | 08:50 WIB
DPRD Babel saat menyambut Forum Rembug 12 Kepala Desa. Foto : Yodea/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Setelah menyambut dan mendengar keluhan dari beberapa perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Forum Rembug 12 Kepala Desa yang mendatangi Kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Kamis (21/6/2018) terkait persoalan tiga tuntutan kepada perusahaan perkebunan sawit. 

 

Ketua DPRD Provinsi Babel Didit Srigusjaya menegaskan, bahwa pihaknya akan membentuk tim investigasi untuk menindaklanjuti persoalan yang menjadi keresahan masyarakat tersebut. 

 

"Kami akan segera membetuk tim investigasi. Tim ini akan mulai action menindaklanjuti permasalahan yang menjadi keluhan masyarakat. Yang diharapkan dari pihak perusahaan akan menaati segala aturan yang berlaku dan segera merealisasikan aspirasi dari masyarakat,"Jelas Didit pada pertemuan itu. 

 

Ditempat yang sama, Anggota DPRD Babel, Bong Ming-ming juga menjelaskan, persoalan tersebut tidak hanya menjadi tuntutan masyarakat. Namun, juga merupakan tuntutan Undang-Undang Permentan dan sebagainya. 

 

"Mulai persoalan pertama terkair plasma perusahaan yang akan kita dudukan plasma sesuai peraturan sebesar 20 persen sesuai luas perkebunan mereka. Maka HGU yang ada akan dipotong 20 persen dan dikembalikan kepada masyarakat,"Jelasnya. 

 

"Kedua, ada keluhan indikasi bahwa beberapa perusahaan yang ada khususnya di Babar melakukan kegiatan perkebunan mereka diluar IUP diluar HGU mereka jadi melakukan kegiatan diluar areal perkebunan mereka yang mana kita pahami bahwa kalau persoalan itu sudah ranahnya ranah hukum. Bahwa, apabila perusahaan melaksanakan kegiaan perkebunan diluar HGU atau IUP akan dituntut penjara maksimal 5 tahun dan denda 10 miliar. Dan, ketiga persoalan CSR yang selalu menjadi keluh kesah banyak masyarakat yang mana CSR ditentukan beberapa persen dari nilai keuntungan," lanjutnya. 

 

Dengan demikian dia menyampaikan, DPRD Babel tim investiasi ini akan mulai melakukan pengecekan bulan depan, sehingga ditargetkan tiga bulan semua permasalahan tersebut akan segera terselesaikan. 

 

"Tim Investigasi ini akan mulai bekerja sesudah bulan depan, target kita paling cepat mungkin tiga bulan dan kita akan melakukan data. Mengingat masih banyak PR kita yang lainnya. Maka, kita akan mulai mencoba tiga bulan. Harapan kita segera cepat selesai karena masyarakat tentu sudah jenuh menunggu,"tukasnya.(Adv/Yodea)

loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com