Klikbabel.com


Operasi Pasar Satu-satunya Cara Turunkan Harga Beras

Kamis, 21 Juni 2018 | 16:03 WIB
Ilustrasi beras. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan satu-satunya cara menurunkan harga beras adalah operasi pasar.

Darmin menjelaskan kondisi panen saat ini memencar atau tidak berada di satu waktu. Sehingga hal itu menyebabkan penyerapan kurang dan membuat stok beras kosong di gudang. Maka dari itu, operasi pasar dengan menggunakan beras impor dinilai menjadi satu-satunya solusi.

"Situasi ini kan beras kita itu panen puncaknya mestinya April atau Mei tapi ternyata puncaknya itu agak menyebar dia, di Maret ada, di April ada, di Mei ada. Sehingga tidak pernah ada penumpukkan stok yang besar-besaran gitu," ungkapnya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (21/6/2018).

Klik juga: Kementan Sebut Pascalebaran Harga Sembako Turun

"Kita dalam situasi begitu kita hanya bisa mempengaruhi harga beras ini melalui operasi pasar dari beras yang kita impor, nggak ada jalan lain," tegas mantan Gubernur Bank Indonesia ini.

Lebih lanjut, ia memaparkan saat ini pemerintah telah melakukan operasi pasar dalam dua bulan terakhir untuk menurunkan menstabilkan harga beras.

"Dan itu sudah dijalankan selama dua bulan terakhir ini, apalagi bulan puasa kemarin. Itu walaupun mungkin masih volumenya belum terlalu besar. Itu yang kita minta supaya diperbesar seutuhnya sejak dua minggu sebelum Lebaran," tutupnya.

Sekadar informasi, sebelumnya pemerintah berencana menurunkan harga eceran tertinggi (HET) untuk menstabilkan harga beras. Namun hal tersebut urung dilakukan dan kembali fokus dengan kegiatan operasi pasar.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : detik.com