Klikbabel.com


Ingin Tubuh Sehat dan Kencang? Lakukan Ini Saat Liburan!

Selasa, 19 Juni 2018 | 05:57 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Liburan merupakan saatnya untuk melepas penat, stres, dan kejenuhan yang timbul dari pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Setelah kembali dari liburan, biasanya tubuh akan segar, recharge, produktif, dan siap untuk menghadapi tantangan berikutnya.

Namun, meski liburan identik dengan bersantai, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan, tidak berolahraga, dan makan seenaknya. Justru, liburan adalah saat di mana Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk memperbaiki diri, agar tubuh tetap sehat dan tampak kencang.

Klik Juga : Berapa Lama Anak Boleh Main Gadget?

Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk membentuk tubuh yang sehat dan kencang? Berikut tipsnya:

1. Perbanyak Aktivitas Fisik.

Kurangi waktu duduk dan bermalas-malasan. Perbanyak aktivitas fisik, seperti berjalan dan melakukan pekerjaan rumah. Di saat liburan, Anda dapat menggunakan waktu luang untuk beberes rumah, menyapu, mengepel, atau merapikan taman.

2. Olahraga Kardio.

Olahraga jenis ini juga bisa menjaga kesehatan jantung. Anda bisa melakukan olahraga kardio selama 30–60 menit dalam sehari, sebanyak 5–7 kali dalam seminggu. Contoh olahraga kardio yang dapat Anda lakukan adalah joging, berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan lain-lain sesuai pilihan.

3. Olahraga Angkat Beban.

Untuk menjaga agar otot tetap kencang, Anda perlu melakukan olahraga angkat beban tiga kali seminggu. Olahraga jenis ini bisa membantu mempertahankan massa otot, terutama pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Karena pada usia tersebut, massa otot akan mulai menurun hingga lansia.

4. Minum Air.

Saat Anda berolahraga dan mengeluarkan keringat, segera ganti cairan dan elektrolit tubuh dengan konsumsi air yang cukup. Apabila Anda berolahraga kurang dari 1 jam, konsumsi air putih sudah cukup.

Namun, apabila Anda berolahraga lebih dari 1 jam, sports drink dapat lebih efektif mengganti cairan, elektrolit, dan energi yang hilang setelah berolahraga.

5. Pola Makan Tepat.

Anda dianjurkan untuk mengubah pola makan menjadi 5–6 kali makan dalam porsi kecil, ketimbang 3 kali dalam porsi besar. Makan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga tidak tergoda untuk ngemil berlebihan.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com