Klikbabel.com


Nikmati Wisata Sejarah di Museum Tanjungpandan

Senin, 18 Juni 2018 | 16:44 WIB
Museun Tanjungpandan. Foto : Aprilliansyah/klikbabel.com

Klikbabel.com, Tanjungpandan - Menikmati keindahan Kota Tanjungpandan sambil belajar sejarah adalah satu hal menarik dan layak untuk dicoba. Untuk hal tersebut, mungkin anda dapat memilih Museum Tanjungpandan sebagai destinasi perjalanan wisata anda.

Museum yang terletak di jantung Kota Tanjungpandan ini tepatnya berada di jalan Melati No 41, menawarkan kilas sejarah tentang Tanjungpandan dan Belitung khususnya pada tempo dulu.

Salah satu sumber menyebutkan kepada klikbabel.com museum Tanjungpandan didirikan oleh Dr. R. Osberger seorang geolog asal Austria yang saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Eksplorasi dan Geologie perusahaan penambangan Timah Belitung. 

Klikbabel.com berkesempatan mengunjungi museum Tanjungpandan pada Senin (18/6/2018) pagi. Di sini banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah peninggalan pada masa penjajahan silam.

Benda tersebut didapatkan oleh beberapa sumber kemudian diserahkan langsung kepada museum untuk dikoleksi dan simpan sebagai bukti sejarah.

Antara lain adalah situs Batu Itam pada abad 7-9 pada zaman Dinasti Tang yang didapatkan dari hasil pengangkatan BMKT dari perairan batu itam pada tahun 1998. Selain itu terdapat keramik cina dari Dinasti Sung (969-1279) yang ditemukan pada pulau Buaya Provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya ada juga Guci Cina, baju pengantin Cina, dan beberapa peralatan senjata tradisional seperti keris, tumbak lade, Golok, Badik hingga parang yang berasal dari berbagai daerah seperti Sulawesi, Sumatera, hingga Kalimantan.

Jimi (29) salah seorang wisatawan asal Jakarta memiliki kesan tersendiri tentang Museum Tanjungpandan. Sebagai daerah penghasil timah sejak dulu, ia menambahkan museum sebagai sarana menjembatani informasi pada masa lalu.

"Bagus sekali, Koleksinya lumayan lengkap dan ini menggambarkan sejarah kota ini pada tempo dulu, ada yang menggambarkan tentang akulturasi budaya pada saat dulu, kalau saya tidak salah, antata etnis Melayu dan juga etnis Cina," terangnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com