Klikbabel.com



Cuaca Mendung, Hilal Tidak Terlihat di Tanjungpandan

Kamis, 14 Juni 2018 | 18:12 WIB Dibaca sebanyak 108 kali
Tim dari Kemenag Tanjungpandan sesaat usai melakukan pemantauan hilal di pantai Tanjung Pendam. (Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Tanjungpandan -Tim dari kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpandan melakukan pemantauan hilal Idulfitri, Kamis (14/6/2018) sore. Pemantauan dilakukan di pantai Tanjungpendam dan mulai dilakukan sekira pukul 17:00 Wib.

"Kita lakukan pemantau hilal di pantai Tanjung Pendam, seperti diketahui sebelumnya di Babel, ada beberapa titik pemantauan hilal yakni di Penagan dan Pantai Tanjung Pendam," ujar Yanto selaku anggota seksi Bimas Islam mewakili Kepala kantor Kemenag Kota Tanjungpandan.

Kegiatan pemantauan dilakukan menggunakan teleskop dan beberapa alat pendukung lainnya untuk memastikan proses pemantauan hilal bisa berjalan baik. Namun, cuaca mendung disertai hujan ringan yang melanda Kota Tanjungpandan sejak siang hari menyebabkan hilal tidak terlihat. 

"Iya, tidak terlihat karena tertutup awan kita sudah berusaha. Namun karena faktor cuaca mendung dan hujan ini jadi tidak terlihat hilal," imbuhnya.

Selanjutnya dirinya menambahkan, walaupun hilal tidak terlihat dari pantauan di Tanjungpandan kemungkinan hilal akan terlihat di beberapa titik pemantauan lainnya 

"Walaupun hilal tidak terlihat di sini, tapi kita tetap menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat mengenai penetapan 1 Syawal 1439 Hijiriah," tandasnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com