• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jepang Ingin Berinvestasi Lebih Besar ke Indonesia

Rabu, 13 Juni 2018 | 10:27 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla berbicara dalam konferensi internasional The Future of Asia di Tokyo, Jepang. Foto : Ist

Klikbabel.com, Jakarta - Jepang menyatakan komitmennya untuk berinvestasi lebih besar di Indonesia. Hal itu diungkapkan korporasi dan bank asal negeri Matahari Terbit tersebut kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla atau JK mengunjungi Tokyo, Jepang pada 10-13 Juni dalam rangka menghadiri konferensi internasional The Future of Asia. Di sela-sela acara tersebut, Jusuf Kalla atau JK bertemu dengan perwakilan MUFG Bank Ltd., delegasi Marubeni Corporation, serta Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia Yasuo Fukuda.

Klik Juga : Selamat Tinggal Internet Murah 

“Hampir semua menekankan kembali keingannya untuk meningkatkan investasi. apakah itu bank, apakah itu industri, jadi mereka tetap memperbesar investasi di Indonesia. Malah cenderung untuk menambah kelompok-kelompok investasi, cluster,” ujarnya, Rabu (13/6/2018).

JK mencontohkan, di Indonesia industri yang gencar berinvestasi salah satunya di sektor otomotif. Pihak Jepang siap membawa industri pendukungnya lebih banyak ke Indonesia.

Klik Juga : Limp Bizkit Bakal Gebrak Bali

Adapun pihak bank ingin mengajak banyak pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk ikut menopang industri di Indonesia. Dalam berinvestasi, pihak Jepang melihat Indonesia dalam dua hal utama yaitu potensi pasar yang luas dan potensi tenaga kerja yang tak kalah besar.

Di sisi lain, ada permintaan khusus dari pemerintah Indonesia jika Jepang ingin menambah investasinya. “Ya permintaan khusus iya, kita mempertegas infrastruktur apa yang mau dibuat dan apa peranan mereka. Seperti bikin jalan kapan, bagaimana dan dimana. Listrik juga begitu, yang akan datang semuanya mereka siap seperti itu,” ujarnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com