• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Batu Bara Teruskan Reli

Selasa, 12 Juni 2018 | 11:13 WIB
Batu Bara. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Harga batu bara mampu melanjutkan relinya pada akhir perdagangan hari ketiga berturut-turut, Senin (11/6/2018). Pada perdagangan Senin, harga batu bara untuk kontrak Januari 2019, kontrak teraktif di bursa komoditas Rotterdam, ditutup menguat 0,38% atau 0,35 poin di posisi US$92,40/metrik ton.

Klik Juga : Anies-Aher Bisa Jadi Sikap Resmi PKS

Pada sesi perdagangan sebelumnya, Jumat (8/6/2018), harga batu bara kontrak Januari 2019 berakhir naik 0,22% atau 0,20 poin di US$92,05. Sejalan dengan batu hitam, harga minyak mentah menguat ke level tertinggi dalam lebih dari sepekan terakhir pada akhir perdagangan Senin, saat keretakan di pipa utama Nigeria mengancam ekspor minyak dan perpecahan yang semakin dalam di OPEC mengenai kemungkinan peningkatan.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Juli ditutup di zona hijau dengan kenaikan sekitar 0,6% atau 0,36 poin di level US$66,10 per barel di New York Mercantile Exchange. Adapun minyak patokan global, Brent, untuk kontrak Agustus ditutup cenderung flat pada level US$76,46 di bursa ICE Futures Europe yang berbasis di London, dan diperdagangkan pada premium US$10,43 untuk WTI pada kontrak bulan yang sama.

Klik Juga : Trump dan Kim Jong Un Bertemu, Dunia Mencatat

Dilansir dari Bloomberg, kebocoran baru telah ditemukan di saluran pipa Nigeria yang telah ditutup sejak akhir pekan lalu dan operator tidak memberikan perkiraan kapan pengiriman akan dilanjutkan. Sementara itu, Irak bergabung dengan Iran dan Venezuela yang menolak saran Arab Saudi bahwa sudah waktunya untuk melepas pembatasan output. “Terhentinya pengiriman dari Nigeria melibatkan pipa besar dan titik pengiriman besar," kata Bob Yawger, direktur berjangka di Mizuho Securities USA Inc. di New York.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Bisnis