Klikbabel.com


Retribusi Pedagang Pasar Sungailiat Tak Lagi Gunakan Uang Tunai

Senin, 11 Juni 2018 | 09:17 WIB Dibaca sebanyak 81 kali
Penandatanganan perjanjian antara Pemkab Bangka dengan BSB Sungailiat. Foto : Ist

Klikbabel.com, Sungailiat - Pedagang Pasar Kite Sungailiat kini menerapkan pembayaran restribusi pasar menggunakan sistem elektronik BSB Cash. Hal ini setelah dilakukan perjanjian antara Pemkab Bangka dengan Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat. Plt Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan, perjanjian kerja sama yang ditandatangani merupakan wujud dari inovasi yang dibuat BSB sehingga dapat membuat masyarakat lebih mencintai bank.

Dikatakannya, dengan kemudahan yang diberikan bagi para pedagang di Pasar Sungailiat akan membuat pengelolaan keuangan lebih transparant dan terbuka, bila dengan sistem sebelumnya dengan tunai. "Dengan inovasi bank yang dibuat Sumsel Babel akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada bank serta kerja sama yang dilakukan anatara BSB dan Pemkab Banga sudah berjalan dengan baik dapat dipertahankan," kata Rustamsyah, Senin (11/6/2018).

Klik Juga : Kreatif! Ubah Tulang Sapi Jadi Kancing

Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat Sadikin Samsumin menjelaskan, BSB Cash merupakan transaksi non tunai yang diatur dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 910 tahun 2017, tanggal 17 April 2017. Selanjutnya untuk melakukan operasional transaksi non tunai BSB akan mempersiapkan peralatan untuk mendukung BSB Cash. “Jadi BSB Cash ini untuk pedagang di Pasar Sungailiat diberikan berupa kartu yang diberikan kepada pedagang yang memiliki kios pasar, jadi dalam membayar restribusi cukup menempelkan kartunya di peralatan yang akan kami siapkan,” ungakap Sadikin.

Dijelaskannya, BSB Cash dengan menggunakan sistem pulsa, dengan maksimal isi kartu Rp 1 juta, bisa pula Rp 100 ribu dengan cara menggesek maka akan terpotong isi yang ada di dalam kartu sesuai jumlah restribusi yang akan dibayar. Bila isi kartu sudah habis, maka para pemegang kartu akan membeli kembali atau melakukan isi ulang. Menurut Sadikin, pihaknya terus mengembangkan teknologi yang dipergunakan BSB, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com