• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Bawang dan Cabai Naik Drastis

Senin, 11 Juni 2018 | 13:59 WIB
Yusi, salah satu pedagang di Pasar Kite Sungailiat. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Tiga hari menjelang lebaran, harga bahan pokok seperti bawang merah, bawang putih dan lainnya, terpantau mengalami kenaikan. Seperti bawang merah yang saat ini berada dikisaran Rp. 38.000,- per kilogram (kg) yang sebelumnya diharga Rp. 34.000,- per kg.

Hal tersebut disampaikan oleh Yusi, salah satu pedagang kebutuhan bumbu dapur di Pasar Kite Sungailiat. ''Kemarin sebelumnya itu hanya diharga 34 ribuan, sekarang naik,''jelasnya, Senin (11/6/2018). Selain bawang merah, kenaikan juga terjadi pada bawang putih yang sebelumnya seharga Rp. 22.000,- per kg, saat ini naik dikisaran Rp. 24.000,- per kg, dan diperkirakan tetap bertahan diangka tersebut.

Yusi beranggapan, kenaikan harga bawang tersebut disebabkan faktor pendistribusian bawang dari luar daerah yang mengalami kendala, dikarenakan sudah memasuki masa mudik lebaran. ''Mungkin pengiriman ada sedikit keterlambatan. Kalau pakai kapal kan sekarang ramai, karena musim mudik,''ucapnya.

Sementara itu, harga bahan kebutuhan lainnya, seperti cabai kecil (rawit) saat ini terpantau melonjak tinggi dikisaran Rp. 70.000,- per kg, dari sebelumnya Rp. 50.000,- per kg dan cabai besar (keriting) Rp. 50.000,- per kg. ''Cabai kecil naik hari ini, karena pengiriman juga terkendala. Tapi diperkirakan besok sudah normal. Hari ini gak ada kapal yang masuk,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com