Klikbabel.com


Gempa Jebus Berlangsung 15 Detik

Sabtu, 09 Juni 2018 | 13:06 WIB
Ilustrasi. Foto ; net

Klikbabel.com, Jebus - Badan Meteorologi, Klimitologi dan Geofisika (BMKG) Pusat menjelaskan, gempa yang melanda Kecamatan Jebus, Bangka Barat (Babar), Sabtu (9/6/2018), terjadi pada pukul 01.50 dinihari.

 

Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Dr. Daryono menjelaskan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa berkekuatan m=3,4. Episenter terletak di koordinat 1,73 LS dan 105,35 BT tepatnya di lepas pantai pada jarak sekitar 25 kilometer arah barat Kota jebus dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer. 

 

Klik Juga : Jebus Diguncang Gempa 

 

"Dampak gempa berupa guncangan dirasakan oleh warga dan diperkirakan dalam skala intensitas II MMI di pesisir Pantai Jebus, Kampa, Tirip, Airnyatuh dan Tumbak," sebutnya. 

 

Meskipun guncangan hanya 15 detik, jika ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis aktivitas gempa kerak dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar lokal. "Hingga siang ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan," tutupnya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com