Klikbabel.com


Arus Mudik di Pelabuhan Pangkalbalam Tujuan Belitung Meningkat, Tujuan Tanjung Priok Sepi

Sabtu, 09 Juni 2018 | 12:07 WIB Dibaca sebanyak 127 kali
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Jumlah penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam pada H-7 Lebaran Idul Fitri 2018 mencapai 467 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan hari sebelumnya yang hanya 226 orang.

 

"Diperkirakan calon penumpang yang berangkat maupun yang tiba di Pelabuhan Pangkalbalam akan terus meningkat hingga H-1 Lebaran nanti," kata Kasubsi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Pangkalbalam, Ferdiansyah, Sabtu (9/6/2018).

 

Jumlah penumpang yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Pangkalbalam pada H-7 sebanyak 467 orang tersebut terdiri atas penumpang berangkat 297 orang dan tiba 170 orang.

 

Baca Juga : Bank Akan Beroperasi Terbatas Pasca-Lebaran, Catat Tanggalnya

 

Sementara penumpang pada H-8 sebanyak 226 orang dengan rincian berangkat 87 orang dan turun 139 orang dengan menggunakan kapal cepat Expres Bahari berkapasitas 350 penumpang.

 

Menurut Ferdiansyah, arus mudik tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta masih sepi dan diperkirakan akan mengalami peningkatan pada H-5 Lebaran. "Saat ini penumpang yang berangkat tujuan Pelabuhan Tanjung Priok hanya kisaran 80 hingga 100 orang dan turun 15 orang per hari," katanya.

 

Pada arus mudik tahun ini pihaknya menyiagakan empat unit kapal ro-ro untuk mengangkut calon penumpang rute Pelabuhan Pangkalbalam ke Pelabuhan Tanjung Priok berkapasitas 700 hingga 900 orang penumpang.

 

Baca Juga : Kopi Brokoli, Tren Ngopi Sehat Terbaru

 

Kemudian satu unit kapal cepat untuk mengangkut calon penumpang rute Pelabuhan Pangkalbalam ke Pelabuhan Tanjungpandan dengan kapasitas 400 orang penumpang. "Empat unit kapal laut jenis ro-ro dan satu unit kapal cepat ini cukup untuk mengangkut penumpang," katanya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Antarababel