Klikbabel.com


Bank Akan Beroperasi Terbatas Pasca-Lebaran, Catat Tanggalnya

Jumat, 08 Juni 2018 | 21:39 WIB
Ilustrasi. Foto ; net

Klikbabel.com, Jakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri, layanan Bank Indonesia (BI) libur beroperasi. Kendati demikian, layanan akan kembali dibuka pada 19-20 Juni 2018 secara terbatas untuk kelancaran sistem pembayaran.

Deputi Gubernur BI Sugeng menyatakan, pada Senin, 11 Juni hingga Kamis, 14 Juni 2018 layanan BI akan berhenti karena libur Lebaran. Layanannya yakni Real Time Gross Settlemen (RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Elektronik Trading Platform (ETP), akan berhenti beroperasi. 

Baca Juga : 50 Persen Pendapatan Masuk Kantong Mucikari

Selanjutnya pada Hari Raya Idul Fitri 15-16 Juni 2018, layanan tersebut masih berhenti beroperasi. Begitupula pada hari Senin, 18 Juni 2018 layanan juga masih berhenti. Namun pada tanggal 19-20 Juni 2018 Bank Sentral layanan akan mulai beroperasi kembali dengan terbatas.

"Pada Selasa 19-20 Juni, BI beroperasi kembali tapi secara terbatas. Jadi layanan RTGS, SSSS, SKNBI dan ETP sudah beroperasi. Itu untuk menolong transaksi tetap bisa berjalan," ujar Sugeng di Gedung BI, Jakarta, Jumat (8/6/2018). 

Baca Juga : Apa Iya Ahok Selingkuh dengan Grace Nataline?

Dia pun mengharapkan, operasi terbatas ini dapat membuat pelaksanaan transaksi perbankan tetap berjalan dengan baik. "Kita harapkan, pelaksanaan transaksi perbankan tetap berjalan dengan baik. Jadi silahkan melakukan transaksi selama liburan," katanya.

Kemudian tanggal 21 Juni, layanan RTGS, SSSS, SKNBI dan ETP pun dipastikan akan beroperasi sesuai jadwal, "Jadi sudah normal kembali," pungkasnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com