Klikbabel.com


Awas, Ada 4 Kasus Power Bank Meledak

Jumat, 08 Juni 2018 | 12:38 WIB
Ilustrasi gadget terbakar. Foto : net

Klikbabel.com - Wahai para pengguna gadget serta peranti pendukungnya yang "bernama" power bank, ada baiknya Anda berhati-hati membawa penyuplai daya satu ini.  Salah-salah berpotensi menimbulkan ledakan.

Tak bisa dipungkiri, power bank telah menjadi bagian perangkat wajib, karena menjadi penyelamat ketika sebuah smartphone atau tablet mulai kehabisan daya.

Namun di sisi lain, perlu dijaga kondisinya agar tidak terkena overheating, paparan panas berlebih, atau perubahan suhu ekstrem dalam waktu singkat  yang membuatnya rawan meledak.

Baca Juga : Surtam : Tak Ada Alasan untuk Tak Masuk Usai Cuti Bersama 

 

Berikut ini, contoh kasus power bank yang meledak ketika digunakan: 

1. Power Bank Meledak karena Ditinggal Semalaman

Dikutip dari Nation Multimedia, seorang perempuan bernama Mindva Wiranchana berhasil lolos dari cedera parah karena power bank miliknya meledak. 

Mindva mengklaim, power bank itu meledak setelah dirinya meninggalkannya semalaman dalam kondisi charging. Dalam foto yang ia bagikan, tampak power bank yang pecah berkeping-keping. 

2. Power Bank meledak di Bus

Para penumpang bus di Guandong, Cina, dikejutkan dengan ledakan yang ditimbulkan oleh satu power bank. Dari rekaman CCTV, tampak power bank yang meledak berasal dari tas salah satu penumpang. 

Dilansir dari Daily Mail, pemilik power bank itu langsung membawa tasnya yang masih terbakar ke luar bus. Untungnya, tidak ada korban dari peristiwa ini.

3. Power Bank Meledak di Kabin Pesawat Sebelum Lepas Landas

Sebuah power bank meledak di pesawat China Southern Airlines. Kejadian itu terjadi ketika pesawat hendak lepas landas dari Guangzhou Baiyun International Airport.

Tidak ada korban dari peristiwa ini, namun pesawat harus mengalamai delay selama tiga jam. Peristiwa ini sempat viral di internet. 

4. Power Bank Meledak di Pesawat Setelah Mendarat

Sebuah power bank milik penumpang mengeluarkan api di pesawat Aeroflot yang baru saja mendarat di Volgograd. Akibat kejadian itu, para penumpang panik dan berusaha memadamkan perangkat ini. 

Dikutip dari Aviation Voice, tidak ada penumpang cedera akibat kejadian ini. Pada akhirnya api berhasil dipadamkan berkat kerja sama penumpang. 

Baca Juga : Pengobatan Novel Baswedan Tahun 2017 Capai Rp 3,5 Miliar



Penulis  : zahrulhadi
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.com