• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PLN Babel Siagakan 487 Petugas Pengamanan Listrik Jelang Idul Fitri

Rabu, 06 Juni 2018 | 12:41 WIB
(Net)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - PLN Babel siagakan 487 petugas untuk mengamankan pasokan listrik jelang hari raya idul fitri 1439 Hijriah. Seluruh petugas tersebut terdiri atas tim layanan teknik hingga operator PLTD dan PLTU. Khusus untuk petugas layanan teknik (YANTEK), PLN juga menyiapkan 23 ribu material YANTEK untuk mendukung berbagai jenis kendala teknis di lapangan.

"Saat ini rata-rata permintaan energi listrik di pulau Bangka sebesar 139,5 MW dengan suplly 172,5 MW. Sedangkan permintaan di pulau Belitung tercatat sebesar 42,2 MW dengan supply 73,1 MW," ujar Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Bangka Belitung, Agus Yuswanta, Rabu (6/6/2018).

Beban puncak diprediksi cenderung turun pada lebaran hari pertama dan hari kedua hingga menjadi 116 MW – 111 MW di Pulau Bangka dan 34 MW – 35 MW di Pulau Belitung. "Hal ini dikarenakan banyak kantor dan industri yang tidak beroperasi. Namun begitu, pemakaian listrik pada pelanggan rumah tangga diprediksi justru akan meningkat karena pada hari tersebut banyak aktivitas yang dilakukan di dalam rumah," ujarnya.

Dari sisi pembangkitan, PLN telah menyiapkan cadangan batu bara yang cukup untuk kebutuhan selama rata-rata 24 hari dan bahan bakar minyak (BBM) rata-rata cukup untuk 21 hari. Menjelang lebaran PLN tidak akan melakukan pemeliharaan rutin jaringan yang memerlukan penghentian sementara aliran listrik sejak H-15 hingga H+15. Apabila terjadi padam, maka dipastikan hal tersebut karena adanya gangguan.

“Untuk itu, dalam rangka mempercepat pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik, PLN sudah menyiapkan SOP pemulihan jaringan dan posko siaga lebaran yang tersebar sebanyak 18 regu di pulau Bangka dan 15 regu di pulau Belitung," katanya.

Lokasi yang akan menjadi prioritas layanan jaringan instalasi vital, yakni rumah dinas Gubernur, rumah dinas Bupati/Wali Kota, Kantor Instalasi Militer dan Polri, kantor Pemda serta Rumah sakit. Untuk pusat transportasi, meliputi Bandara Depati Amir, Pelabuhan Pangkalbalam, Pelabuhan Tanjung Kalian, Teminal Selindung, Bandara HAS Hanandjoedin, Pelabuhan Tanjungpandan, dan Terminal Tanjungpandan, tempat ibadah lokasi Sholat Idul Fitri.

"Untuk pusat keramaian dan hiburan, yakni di Alun-alun Taman Merdeka, Pasir Padi, Parai, Tanjung Pesona, Tanjungpendam dan Lapangan Merdeka," katanya.



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com