Klikbabel.com


Kapolres Basel : Masalah Compreng dan Trawl Di Laut Basel Ranah Kelautan dan Perikanan

Rabu, 06 Juni 2018 | 14:33 WIB
Kapolres Basel AKBP. Aris Sulistyono, SH,MH (Wiwin/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Toboali - Compreng dan trawl yang merupakan alat tangkap ikan yang belum jelas status penggunaannya ternyata terus digunakan oleh pihak-pihak tertentu sebagai alat tangkap di laut Basel tanpa adanya penertiban.

Kondisi tersebut tentunya sangat meresahkan nelayan tradisional Basel karena sangat mempengaruhi hasil tangkapan nelayan dan juga akan sangat mengganggu ekosistem di laut Basel.

Saat ditanyakan wartawan pada Rabu 6/6/2018, Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP Sulistyono mengatakan masalah compreng dan trawl merupakan wewenang dinas terkait yakni Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

"Kalau trawl dan compreng itu kan ranahnya Dinas Kelautan dan Perikanan, ini konteksnya operasi ketupat menumbing jadi masalah itu belum menjadi domain kita dulu. Nanti pak Kasat Polair kita akan memberikan informasikan terkait masalah itu. Tapi kita juga tetap melakukan pemantauan dan sejauh mana regulasinya serta SOP kita," ungkapnya.

Menurutnya pihaknya saat ini masih menunggu bagaimana regulasi hukumnya untuk melakukan penindakan perihal compreng dan trawl tersebut.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com