Klikbabel.com


DPRD Babel Bentuk Pansus Raperda Mineral Ikutan

Selasa, 05 Juni 2018 | 12:29 WIB
Wakil Ketua DPRD Babel Toni Purnama didampingi Ketua DPRD Babel Didit Sri Gusjaya menerima usulan raperda oleh Gubernur Babel. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk panitia khusus (pansus) guna menindaklanjuti usulan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang mineral ikutan timah dan produk samping timah dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Tujuan kita membentuk pansus ini untuk meningkatkan pendapatan daerah yang selama ini sempat dikeluhkan," kata Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya usai memimpin Paripurna istimewa pembentukan anggota pansus DPRD Babel, Senin (4/6/2018).

Ia mengatakan DPRD Babel mendorong pembuatan Perda Mineral ikutan timah dan produk samping timah ini agar ada kepastian hukum untuk pengelolaan produk tersebut. "Karena ini masuk dalam salah satu agenda interpelasi DPRD ke Gubernur, jadi kita akan segera Perda kan ini meski sebelumnya belum ada Pergub yang mengatur mineral ikutan ini," ujarnya.

Didit berharap adanya usulan Perda mineral ikutan timah ini, dapat mengurangi polemik yang terjadi dan ini akan dikelola oleh BUMD sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. "Sebelum Perdanya disahkan, kita minta tidak ada pengiriman mineral ikutan, karena kita akan lihat pangsa pasarnya dulu, ujarnya.

Ia menambahkan mineral ikutan banyak kandungannya dan akan menjadi produk unggulan Babel. DPRD akan koordinasi dengan Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) agar perda ini bisa disahkan dan tidak menimbulkan polemik hukum. "Sebelum mengesahkan Perda ini kita akan konsultasi dengan pihak terkait, karena kita juga harus menyiapkan cadangan untuk anak cucu kita dan kepentingan generasi kedepan," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan menyampaikan Raperda tentang Pengelolaan Mineral Ikutan Timah dan Produk Samping Timah kepada DPRD Babel, untuk diusulkan dan disahkan menjadi Perda. "Raperda mineral ikutan ini kita usulkan agar bisa dibuatkan Perda, sehingga kita dapat mengelolahnya lebih teratur dan ada jaminan investasi, karena mineral ikutan dan produk sampingnya ini memiliki nilai investasi cukup tinggi," kata Erzaldi.

Ia mengatakan, timah merupakan salah satu sumber daya alam unggulan yang di miliki Babel. Dalam timah ada mineral logam seperti zirkon, elminit, rutil, senotim dan monazit serta mineral lainnya yang turut tereksploitasi dalam proses eksploitasi timah. Mineral ikutan ini memiliki nilai ekonomis setara atau lebih tinggi dari hasil tambang timah yang ada, dan ada investasi besar untuk pendapatan negara.(adv)

 

 



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com