• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Suku Bunga Acuan Jadi 4,75%

Rabu, 30 Mei 2018 | 15:15 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Tambahan Bank Indonesia (BI) pada 30 Mei 2018 memutuskan untuk menaikkan 25 basis points (bps) 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7-Day RR Rate). Suku bunga acuan kini berada di level 4,75% dari 4,50%.

Dengan demikian, selama bulan Mei terjadi kenaikan sebanyak 50 bps. RDG Tambahan ini juga menjadi yang pertama dipimpin Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI. Adapun suku bunga Deposit Facility (DF) tetap pada level 4,00% dan Lending Facility (LF) pada level 5,50%, berlaku efektif sejak 31 Mei 2018."Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 30 Mei 2018 memutuskan untuk menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate di level 4,75%" ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Kantor Pusat BI, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Kenaikan suku bunga ini memang sudah diprediksikan sejumlah pengamat. Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Pieter Abdullah Redjalam menilai, rapat hari ini menunjukkan pengakuan Bank Sentral bahwa kenaikan 25 bps tersebut terlambat atau behind of the curve. Bahkan kenaikan tersebut dinilai masih kurang besar dan tidak sesuai ekspektasi pasar. Oleh sebab itu, BI diyakini akan melanjutkan pengetatan moneter dalam RDG hari ini.

"Jadi pada RDG hari ini diperkirakan memperbaiki itu dengan menaikkan kembali (BI 7-Day Repo Rate) setidaknya 25 bps. Hal ini dilakukan BI untuk mengembalikan confidence pasar bahwa BI akan terus mengawal Rupiah," ujarnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com