Klikbabel.com


Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang Pastikan Kesehatan Sapi

Selasa, 29 Mei 2018 | 03:52 WIB
Ilustrasi cek kesehatan sapi. Foto : antarafoto.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang memastikan kesehatan sapi yang didatangkan ke Kota Pangkalpinang menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah mendatang dalam kondisi baik.

Hal ini dilakukan dengan serangkaian uji kesehatan yang dilakukan oleh balai karantina baik dari tempat asal sapi didatangkan hingga sampai ke Kota Pangkalpinang.

"Iya itu tentu kita akan lakukan pengecekan sejak dari tempat awal sapi didatangkan. Pada dasarnya semua sapi yang mau dikirimkan ke luar daerah itu harus memenuhi persyaratan standar karantina. Pertama itu surat keterangan sehat hewan," ungkap Ghozali Effendi selaku Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan mewakili Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang Lie Jun Jie kepada klikbabel.com, Senin (28/5/2018).

Selain itu menurut Effendi ketika sapi akan memasuki dermaga penyebrangan juga akan dilakukan pemeriksaan oleh balai karantina pelabuhan setempat untuk kembali memastikan kondisi sapi baik fisik maupun kelengkapan dokumen administrasinya.

"Selain pengecekan fisik balai karantina juga akan melakukan pengecekan terhadap kelengkapan suratnya, cek di lapangan apakah memenuhi persyaratan hingga sampai ke pelabuhan penerima," ungkapnya.

Kondisi tersebut terus berlanjut hingga ke sapi tersebut sampai di hingga ke tempat rumah pemotongan hewan yang berada di Kota Pangkalpinang. "Setibanya di Pangkalpinang juga akan kita cek kita bertanggung jawab. Dan akan menurunkan dokter hewan langsung," terangnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com