Klikbabel.com


Temukan Rp20 Juta di Tempat Sampah, Pemulung Ini Malah Kembalikan Uang Kepada Pemiliknya

Senin, 28 Mei 2018 | 04:26 WIB Dibaca sebanyak 225 kali
Jubaidi, pemulung yang kembalikan uang Rp20 Juta. Foto : suara.com

Klikbabel.com, Jogja - Jubaidi (65) lelaki yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung sampah ini mendadak jadi soroton publik. Sebab, ia tak sengaja menemukan uang Rp 20 juta ketika memilah sampah di tempat pembuangan akhir Kotagede.

Total Rp 20.190.000 yang ia temukan. Setelah menemukan uang itu, ia justru menyerahkannya ke aparat kepolisian agar bisa dikembalikan ke pemilik yang sah. Karenanya, Jubaidi mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Jubadi, ketika diwawancarai, Minggu (27/5/2018), mengatakan menemukan uang itu di Jalan Veteran, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (23/5) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

“Saya menemukan tas. Di dalamnya ada 19 amplop berisi uang. Total uang di dalam 19 amplop itu berjumlah Rp 20.190.000,” kata Jubaidi saat ditemui di rumahnya, Jalan Gambiran Nomor 14, RT20/RW5, Kebrokan, Pandeyan, Umbulharjo. 

Sesaat setelah mengetahui amplop-amplop itu berisi uang, Jubaidi berteriak kegirangan di jalan. Teriakannya itu didengar ketua RT setempat yang segera menghampirinya. "Weee saya dapat uang di jalan,  begitu saya berteriak. Karena teriakan saya kencang, pak RT yang ada di sekitar lokasi, datang. Saya langsung memberitahukannya mengenai uang itu," tuturnya.

Kabar itu segera menyebar, dan Jubaidi kedatangan 4 orang yang mengakui sebagai pemilik sah uang tersebut. Namun, Jubaidi tak lantas memercayai keempat-empat orang tersebut. Ia lantas melontarkan pertanyaan untuk menguji mereka, “Berapa jumlah persis uang di dalam tas ini?”

Benar saja, setelah Jubaidi menanyakan jumlah uang itu kepada ke empat orang tersebut, tak satu pun dari mereka yang bisa tepat menjawab. "Ada 4 orang yang ngaku saat uang itu ditemukan. Saat ditanya jumlahnya ternyata mereka tak paham, ya saya usir pergi," tuturnya.

Karena takut menjadi sasaran kriminal, terlebih ia merasa tak berhak menyimpan uang itu, Jubaidi hari itu juga memutuskan melapor ke Polsek Umbulharjo.

Setelah ia serahkan uang itu, Jubaidi berpesan kepada pihak kepolisian ingin bertemu pemilik uang itu, sekaligus menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Hal itu dilakukan agar tidak ada yang salah paham. "Ini uangnya saya serahkan ke Polsek. Tapi saya ingin tahu orangnya persis. Karena saya ingin tahu orangnya langsung," ujarnya menirukan ulang ucapannya saat berada di Polsek Umbulharjo.

Selang sehari, Kamis (24/5), polisi menghubungi dirinya dan menyatakan pemilik uang itu sudah ditemukan dan ingin bertemu. Pemilik uang itu ternyata Pono, yang kesehariannya bekerja sebagai petugas keamanan.

Ia mengatakan, sejak kali pertama menemukan uang itu, tak pernah berpikir untuk memilikinya. "Saya berkata kepada diri saya, walaupun saya tukang sampah, berapa pun uang saya temukan, akan dikembalikan. Itu prinsip saya,” ucapnya. "Apapun yang saya temukan, bakal saya kembalikan. Sebab, tujuannya saya hanya menjadi pemulung," tuturnya tersenyum. 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com

Topik