Klikbabel.com


4 Juni, PNS Pemkot Terima THR

Senin, 28 Mei 2018 | 11:55 WIB
Kepala Bakeuda Kota Pangkalpinang Agusfendy. Foto : April/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) berencana mengeluarkan dana sebesar Rp24,1 miliar untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke13 bagi 3.224 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pangkalpinang.

"Jadi untuk anggaran gaji ke 14 atau kita kenal THR Rp10,9 miliar, sedangkan untuk gaji ke 13 sebesar Rp 13,2 miliar. Rencana dalam anggaran itu sebanyak 3.224 pegawai," ungkap Kepala Bakeuda Kota Pangkalpinang Agusfendy ketika ditemui klikbabel.com, Senin (28/5/2018). Khusus pembayaran THR tahun ini, dipastikan memiliki beberapa komponen tambahan dan berbeda dengan pembayaran THR pada tahun lalu. Sehingga otomatis ini juga akan menambah penghasilan ASN untuk berlebaran nanti.

"Untuk tahun ini katanya ada komponen baru yang ditambahkan, jadi untuk pembayaran THR selain gaji pokok itu yang kita terima sekarang ini ditambahkan dengan tunjangan keluarga, tunjangan jabatan. Itu dua komponen yang baru pada tahun ini, tahun lalu hanya gaji pokok saja, jadi lebih besar diterima pegawai tahun ini," ujarnya.

Kemudian Agus menambahkan, besaran THR yang diterima oleh ASN kemungkinan bertambah jika dihitung-hitung dengan pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai (Tukin) seperti yang dilakukan oleh pusat. Namun dirinya mengatakan akan melihat dulu petunjuk lebih lanjut. "Kalau di pusat ada namanya tunjangan kinerja, kami belum bisa membayar, apakah Tukin yang dimaksudkan pemerintah pusat disamakan dengan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP), bila ada petunjuk lebih lanjut terkait hal itu, kalau perintahnya dibayarkan kita akan bayarkan,kita masih menunggu petunjuk" imbuhnya.

Agus menambahkan, THR mulai dibayarkan pada tanggal 4 Juni mendatang sedangkan untuk gaji ke 13 dibayarkan pada saat kenaikan kelas bulan Juli mendatang. Dirinya mengimbau kepada seluruh Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pangkalpinang untuk segera menyiapkan berkas. "Insyaallah tanggal 4 Juni mulai kita bayarkan, Kami juga menginstruksikan kepada seluruh OPD agar menyiapkan berkas administrasifnya pembayaran ini, mengingat waktu juga karena pertengahan Juni kita sudah cuti lebaran," imbuhnya.



Penulis  : Apriliansyah
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com