Klikbabel.com


Program 100 Hari, Mulya Fokus Pembentukan Bangka Utara

Jumat, 25 Mei 2018 | 13:00 WIB
Calon Bupati Bangka Mulkan. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Salah satu program seratus hari dari Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka, nomor urut 2 Mulkan-Syahbudin (Mulya), adalah terwujudnya daerah otonomi baru Bangka Utara. Mulkan kepada klikbabel.com menceritakan, mewujudkan Kabupaten Bangka Utara tersebut menjadi agenda utama mereka ketika terpilih sebagai pemimpin di Kabupaten Bangka kedepannya. "Ini termasuk agenda 100 hari kami jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bangka,'' jelasnya, Jumat (25/5/2018).

Ia melanjutkan, dirinya akan menggiring konsep daerah otonomi baru Bangka Utara di Kementerian Dalam Negeri, serta akan mencari kejelasan moratorium yang telah diusulkan sebelumnya, karena belum mengetahui dengan jelas perjalanan moratorium tersebut. Menurutnya, konsep itu sudah disampaikan Forum Koordinasi Daerah Bangka Utara sebelumnya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan ingin mengetahui apakah meyakini pusat memberikan sinyal kepada daerah atau belum, sebab tanggung jawab pemekaran daerah ditanggung oleh daerah yang melakukan pemekaran.

"Kalau dulu beda, karena sebelumnya dibawah Kementerian Otonomi Daerah, pusat tidak keberatan jika ada daerah yang ingin mekar tapi pemekaran ini harus siap di tanggung jawab oleh daerah termasuk anggarannya,''ucapnya.

Dilanjutkannya lagi, Bangka Utara dengan 2 kecamatan besar seperti Kecamatan Belinyu dan Riau Silip saat ini sudah tertata dengan baik. "Kalau pun sudah terealisasi nanti, maka serahkan sepenuhnya kepada pemimpin daerah, yakin lah bahwa daerah Bangka Utara ini bakal maju,'' tutupnya.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com