Klikbabel.com


Hari Ini, DPRD Bateng Paripurna Tata Tertib Pemilihan Wabup

Rabu, 23 Mei 2018 | 07:46 WIB Dibaca sebanyak 147 kali
Bupati Bateng Ibnu Saleh. Foto : Dok Klikbabel.com

Klikbabel.com, Koba - DPRD Kabupaten Bangka Tengah, hari ini (23/5/2018) akan menggelar rapat paripurna tata tertib pemilihan wakil bupati Bateng.

 

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Algafry Rahman menjelaskan, tatib yang sudah dirampungkan itu terdiri atas 14 bab dan 12 pasal yang mengatur semua mekanisme pemilihan wakil bupati. "Draf tatib tersebut sudah disetujui Kemendagri dan itu artinya sudah bisa digelar rapat paripuran pengesahan tata tertib tersebut," katanya.

 

Setelah tatib disahkan maka tahapan selanjutnya fraksi-fraksi mengutus perwakilannya untuk dimasukkan dalam anggota panitia pemilih wakil bupati. "Sesuai tatib, masing-masing fraksi di DPRD menyampaikan satu nama ke pansus untuk menjadi anggota panlih dan nanti muncul satu orang perwakilan fraksi," katanya.

 

Ia mengatakan, sebanyak lima anggota panlih bertugas memverifikasi data dua nama cawabup yakni Suwarno dan Yulianto Satin sebelum dilaksanakan pemilihan. "Ada tiga paripurna yang diagendakan. Pertama paripurna pengesahan tatib, paripurna pengesahan panlih dan ketiga paripurna pemilihan wakil bupati," katanya.

 

Sampai saat ini jabatan Wakil Bupati Bangka Tengah masih kosong karena Ibnu Saleh dilantik menjadi bupati menggantikan Erzaldi Rosman Djohan yang terpilih menjadi Gubernur Babel. Sesuai dengan aturan bahwa calon wakil bupati diusung oleh partai pengusung kemudian nama yang ditunjuk dikirim ke DPRD melalui bupati untuk dipilih secara parlemen.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Antaranews.com