Klikbabel.com


Suku Bunga Acuan Naik, Ini Alasan BI

Jumat, 18 Mei 2018 | 08:42 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Setelah beberapa kali mempertahankan suku bunga acuan, Bank Indonesia (BI) akhirnya menaikkannya sebesar 25 basis poin (bps) dari 4,25 persen menjadi 4,5 persen. BI punya alasan menaikkan suku bunga acuan tersebut.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan kenaikan suku bunga dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas perekonomian dalam negeri di tengah ketidakpastian pasar keuangan global. Apalagi, nilai tukar Rupiah juga terus bergejolak terhadap Dolar Amerika Serikat (AS).

"Kita memutuskan untuk mengeluarkan bauran kebijakan ini. Diantara bauran kebijakan ini juga ada policy rate. Kita juga merespons bauran kebijakan ini dengan kebijakan operasional moneter untukenjamin likuditas di pasar valas maupun pasar uang," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (17/5).

Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan beberapa kebijakan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah seperti Tax Holiday, Tax Allowance maupun kebijakan fiskal terkait Undang-Undang (UU) penerimaan negara. "Jadi BI menambahkan ini juga dengan menaikkan policy rate," imbuhnya.

Agus optimis, kebijakan ini akan mampu menjaga stabilitas perekonomian Indonesia. Di sisi lain, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS bisa menguat seiring berjalannya kenaikan suku bunga. "Oleh karena itu kita merespon dengan bauran kebijakan ini. Kita percaya ini bisa menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global," pungkasnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Jawapos.com