Klikbabel.com


Sriwijaya Air Didorong Bangun Bengkel Perbaikan di Bandara Depati Amir

Jumat, 18 Mei 2018 | 13:55 WIB Dibaca sebanyak 173 kali
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) mendorong maskapai Sriwijaya Air untuk membangun bengkel perbaikan pesawat (maintenance, repair and overhaul/MRO) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Hal ini diungkapkan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Babel Budiman Ginting, dalam rapat yang diadakan di kantor Gubernur Babel, kemarin (18/5/2018).

Menurut Budiman Ginting, hal ini diperlukan sebagai salah satu bentuk dukungan pembangunan Babel khususnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Babel yang ingin berfokus ke sektor pariwisata. "Sekarang  Bandara Depati Amir sedang dalam pembuatan masterplan yang sudah mendapatkan persetujuan rekomendasi dari pemprov dan tinggal menunggu keputusan dari wilayah kota dan Bangka Tengah. Jadi tak ada salahnya, kita memasukkan maintenance ke master plan yang ada," kata Budiman Ginting.

Dia mengungkapkan, pembangunan bengkel sendiri dilakukan Sriwijaya Air karena jumlah pesawat yang dimiliki sudah mencapai 50 unit. “Idealnya, maskapai yang memiliki minimal 30 unit pesawat sudah disarankan untuk membangun bengkel atau pusat maintenance sendiri,” ujarnya. Pembangunan bengkel sendiri dinilai akan lebih efisien dibanding harus menggunakan jasa perbaikan maskapai lain. Pemprov Kepulauan Bangka Belitung berharap pembangunan bengkel pesawat akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.
 
Direktur Utama Sriwijaya Maintanace Fasility (SMF) Richard Budihadianto yang turut hadir menjelaskan, akan banyak mendengar lantaran rencana ini memang sudah menjadi rencana pihaknya, "Namun ini belum menjadi keputusan final, dan bisa saja terjadi perubahan strategi kalau terjadi opurtinity yang lebih baik untuk kami. Jadi kalau dibilang pasti karena belum ada hitam di atas putih secara legal, tapi kalau ada opurtunity yang nantinya kami evaluasi dan bisa memberikan dampak keuntungan secara keseluruhan untuk perusahaan kenapa tidak," jelasnya.

Perwakilan Angkasa Pura II Juanda selaku Eksekutif Manager Bandara Depati Amir turut mendukung keputusan yang direncanakan pemprov.  "Kami akan mendukung pemprov maupun Sriwijaya dalam pengembangan secara bisnis dan juga dalam pertumbuhan ekonomi dan dengan bertambahnya lowongan kerja," tuturnya.



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com