• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


SLF di Babel Belum Diterapkan, Para Pengembang Galau

Kamis, 17 Mei 2018 | 10:27 WIB
Pemerintah Babel saat melakukan koordinasi dengan APERSI

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Sertifikat laik huni (SLF) yang telah diterapkan oleh pemerintah pusat pada tahun 2018, sampai saat ini membuat para pengembang di Provinsi Bangka Belitung (Babel) galau. Pasalnya, SLF di Babel belum satupun dikeluarkan oleh Provinsi Babel untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (APERSI) Babel, Agung Setiawan menilai,  SLF merupakan suatu hal yang sangan rumit. Menurutnya standarisasi dari pembuatan SLF belum ada di Provinsi Babel itu sendiri. 

"Suatu hal yang sangat rumit, karena standarisasi nya belum ada, baik yang mengeluarkan SLF ini, bahkan dari ahli sertifikatnya siapa. Jadi, parameter belum mencuncul," katanya. 

Begitu pun dibicarakan oleh Agung, pihaknya berfikir untuk jangka pendek pada tingkat dua diseluruh Provinsi Babel sudah bisa mengeluarkan ataupun menyatakan ada atau tidaknya SLF didaerah masing-masing. 

"Kalaupun jangka panjang itu persiapan Pemda.  Sehingga seluruh masyarakat di Babel tahu bahwa ada izin-izin yang sedang dibuatnya," ujarnya. 

Agung juga mengungkapkan, pihak perbankan minta ada tidaknya SLF di masing-masing daerah, kalaupun menurut Agung tidak ada dikosongkan kalau sudah ada para pengembang akan menanganinya. 

"Kalau memang sudah ada dibuat waktunya cuma tiga hari. Kewenangan yang membuat sertifikat itu sebenarnya pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) atau tapi ahlinya. Parameter seorang yang menandatanganinya belum ada," tukasnya. 

Padahal Agung menilai, kontribusi para pengembang kepada Provinsi Babel cukup besar terlihat dari pendapatan asli daerah dari perumahan kurang lebih mencapai Rp10 miliar per tahun. 

"Belum tenaga kerja, toko material karena akan ada ratusan jenis material merasakan manfaatnya dari hasil pembangunan.  kami tetap bejuang semua masyarakat hrus punya rumah," pungkas Agung.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com