Klikbabel.com


Kepercayaan Masyarakat Babel Cukup Kuat Tangkal Paham Radikalisme

Kamis, 17 Mei 2018 | 14:18 WIB
Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Babel, Riswardi (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Kepercayaan masyarakat Bangka Belitung (Babel) terbilang cukup kuat untuk menangkal paham terorisme dan radikalisme, sehingga wilayah Babel masih aman dan kondusif dari tindakan terorisme dan paham radikalisme. 

Hal itu dikatakan oleh Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme  (FKPT) Provinsi Babel, Riswardi pada kegiatan Dialog Literasi Digital Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat di Hotel Puncak, Kamis (7/5/2018).

Menurut Riswardi, hal tersebut kuatnya daya tangkal masyarakat terhadap radikalisme ditopang oleh dua hal yakni, kearifan lokal dan pertahanan wilayah oleh para aparat. "Posisinya sedang menuju kuat, karena masih ditopang oleh dua hal yaitu yang pertama dari kearifan lokal dan kepercayaan yang kuat dari masyarakat Babel terhadap kemampuan aparat kita yang menjaga pertahanan wilayah," ujarnya. 

Sementara ditambahkan Riswardi, masyarakat Babel juga percaya terhadap aparatur TNI, POLRI dan instansi terkait yang masih menjaga konduktivitas  di wilayah Babel. "Yang menjadi positif kita adalah kearifan lokal dari budaya nganggung, pesta adat dan lain lain yang sudah menjadi budaya kita.  Itu yang sebenarnya jauh lebih kuat,  mampu membendung masuknya paham lain yang ingin mengubah cara pandang masyarakat kita yang sudah baik," ucapnya. 

Dengan demikian, ia mengajak masyarakat Babel untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
"Tapi yang harus kita lakukan, bagaimana kita menyaring pemahaman dari orang lain, saring sebelum sharing saya rasa ini pesan yang nyata. Kita pun harus peduli terutama kepada masyarakat yang dibawa. Mungkin dulu wajib lapor bagi pendatang 2x24 jam, kalau sekarang 1x24 jam," pungkasnya. 



Penulis  : Yodea
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com