Klikbabel.com


Petani Rias Keluhkan Tempat Penjualan Gabah Kering

Rabu, 16 Mei 2018 | 13:13 WIB
Ariyanto, Ketua Gapoktan Sepakat Jaya Desa Rias. (Foto : Wiwin/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Panen raya padi sawah di desa Rias Kecamatan Toboali ternyata telah membuat gabah kering di desa tersebut semakin melimpah, apalagi petani di desa tersebut sudah bisa panen pada dua kali dalam setahun.

Namun sangat disayangkan, melimpahnya gabah kering di desa tersebut tidak diimbangi dengan solusi penampung besar yang membeli gabah petani tersebut, sehingga pada musim panen raya petani terkadang harus menjual harga gabahnya dengan murah karena keterbatasan pembeli yang menampung gabah mereka.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ariyanto ketua Gapoktan Sepakat Jaya Desa Rias kepada wartawan pada acara panen raya di desa Serdang beberapa waktu lalu.

"Saat ini petani sangat membutuhkan penampung besar untuk membeli gabah kering petani terutama pada saat panen raya agar harganya juga bagus, karena saat ini ditempat kami saat ini hanya mengandalkan penampung-penampung kecil saja dan pembeli dari luar Basel, itupun masih terbatas sehingga petani kami kebingungan untuk menjual gabahnya pada saat panen raya," ungkap ketua Gapoktan tersebut.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar pihak terkait terutama Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan (DPMPTSPerindag) Basel dapat memberikan solusi terhadap masalah tersebut.

Sementara itu, Drs.Muhamad selaku Kepala DPMPTSPerindag Basel saat dikonfirmasi wartawan melalui handphone,SMS dan pesan WhatsApp hingga kemarin belum ada jawaban.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com