Klikbabel.com


Agar Stamina Saat Puasa Terjaga

Rabu, 16 Mei 2018 | 16:35 WIB Dibaca sebanyak 43 kali
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Jakarta - Selama Ramadan, tubuh memerlukan stamina lebih agar kuat menjalankan puasa. Maka itu, jangan lupa untuk menjaga konsumsi gizi seimbang dan beraktivitas fisik. "Sebenarnya sama saja, nggak puasa pun kita tetap harus menjaga kesehatan. Saya sering mengatakan dengan pola 'Cerdik' itu. Nah sekarang kalau bulan puasa begini, kita tinggal menggeser kebiasaan aja kan," ucap Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI, dr Lily S. Sulistyowati, MM.

dr Lily, menjelaskan yang terpenting mengonsumsi gizi seimbang saat sahur dengan makan sayur dan buah, serta banyak minum air putih. "Jangan sampai kesiangan terus nggak sahur. Terus harus banyak minum. Kemudian, tetap makan buah dan sayur," kata dr Lily. Dikatakan dr Lily, puasa merupakan momentum yang baik untuk memulai niat dan kebiasaan yang baik pula, misal berhenti merokok. "Karena kalau di bulan puasa bisa, tentunya kita mesti niat berhenti merokok. Jangan sampai kita diperbudak terus sama rokok," tegas dr Lily.

Menurut dr Lily, umat Muslim pasti sudah lebih terbiasa menjalankan puasa di bulan Ramadan. Sebab baginya, puasa justru baik untuk pencernaan. "Buat kaum Muslimin sih udah biasa dengan berpuasa itu, sebetulnya pencernaan kita itu diistirahatkan itu justru bagus," imbuhnya.

Namun demikian, ada saja berpuasa jadi alasan untuk bermalas-malasan. dr Lily berpendapat hal itu tergantung dari mindset atau pikiran orang tersebut. Maka itu, dianjurkan untuk banyak aktivitas dengan olahraga asal tidak diforsir. "Itu mindset, karena puasa, mau kerja dikurangin, terus tidur dibanyakin, gerak dikurangin. Olahraga bisa di dalam ruangan, senam aerobik tapi waktunya diperpendek, yoga boleh," pungkas dr Lily.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com